PRAKTIK JUAL BELI DI TOKO SRIRIZKY KECAMATAN KABUH KABUPATEN JOMBANG PERSPEKTIF HUKUM PERSAINGAN USAHA DAN KOMPILASI HUKUM EKONOMI SYARIAH

Rico, Aldy Munafan (2023) PRAKTIK JUAL BELI DI TOKO SRIRIZKY KECAMATAN KABUH KABUPATEN JOMBANG PERSPEKTIF HUKUM PERSAINGAN USAHA DAN KOMPILASI HUKUM EKONOMI SYARIAH. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Rico Aldy Munafan_S20192012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rico Aldy Munafan, 2023: Praktik Jual Beli Di Toko Sririzky Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang Perspektif Hukum Persaingan Usaha Dan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah
Kata Kunci: Jual Rugi, Persaingan Usaha Tidak Sehat
Toko Sririzky di Desa Kabuh Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang telah melakukan jual beli dengan menetapkan harga dibawah harga pasar atau harga produksi, dimana praktek tersebut akan merugikan pelaku usaha itu sendiri dan juga pelaku usaha lain yang tidak mampu bersaing karena penetapan harga terlalu rendah. Jual beli tersebut nantinya juga dapat mengakibatkan persaingan usaha disekitar toko tersebut menjadi tidak sehat sehingga bukan memberikan manfaat bagi para pihak yang terkait malah sebaliknya memberikan mudharat kepda pelaku usaha lainnya.
Fokus penelitian yang diteliti adalah 1) Bagaimana sistem perjanjian jual beli di Toko Sririzky Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang? 2) Bagaimana objek perjanjian jual beli di Toko Sririzky Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang? 3) Bagaimana akibat perjanjian jual beli di Toko Sririzky Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang pada para pihak? Dengan tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui jual beli di Toko Sririzky Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang 2) Untuk mengetahui objek jual beli di Toko Sririzky Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang 3) Untuk mengetahui akibat jual beli di Toko Sririzky Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang.
Penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan metode penelitian Hukum Emperis atau (fiel research) dengan pendekatan sosiologi hukum. Lokasi penelitian ini dilakukan pada Desa Kabuh Kecamatan Kabuh Kabupten Jombang. Sumber data yang dipakai pada penelitian ini yakni sumber data primer serta sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data memakai teknik; wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan oleh peneliti, bisa disimpulkan bahwa : (1) Praktik jual beli ditoko sririzky dilakukan dengan menetapkan harga dibawah harga pasar atau dibawah harga rata-rata dengan tujuan untuk menarik banyak pembeli sehingga mampu menghabiskan stok barang dengan cepat dan mampu memutar kembali modal yang dipakai. (2) Objek jual beli ditoko sriserba berupa berbagai macam fashion seperti kaos polos maupun motif, boxer dan celana pendek jeans, dengan penentapan harga dibawah harga pasar. (3) Paktik jual beli di toko sririzky mengakibatkan banyak pembeli berbondong-bodong berbelanja di toko sririzky karena harganya lebih murah dibandingkan dengan toko lainnya sehingga pelaku usaha pesaingnya menjadi gulung tikar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012701 al-Bai’ (incl. al-Khiyar)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Mr Rico Aldy Munafan, S.H.
Date Deposited: 06 Nov 2023 01:23
Last Modified: 06 Nov 2023 01:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29150

Actions (login required)

View Item View Item