PERILAKU MASYARAKAT DALAM MENGELOLA PERTANIAN PASCA PANDEMI DI DESA DEMPO TIMUR KECAMATAN PASEAN KABUPATEN PAMEKASAN

wahyudi, imam (2023) PERILAKU MASYARAKAT DALAM MENGELOLA PERTANIAN PASCA PANDEMI DI DESA DEMPO TIMUR KECAMATAN PASEAN KABUPATEN PAMEKASAN. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
imam wahyudi E20192208.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perilaku masyarakat adalah tindakan atau aktivitas manusia itu sendiri yang mempunyai bentangan yang sangat luas antara lain: berjalan, berbicara, menangis, tertawa, bekerja, kuliah, menulis, membaca dan sebagainya. Perilaku merupakan hasil dari pada segala macam pengalaman serta interaksi manusia dengan lingkungannya yang terwujud dalam bentuk pengetahuan, sikap dan tindakan. Adapun dampak pandemi ini salah satunya adalah sangat merugikan bagi masyarakat dimana hal tersebut menyebabkan kelangkaan terhadap pupuk subsidi, harga jual hasil pertanian menurun dan meningkatnya harga bahan-bahan yang dibutuhkan masyarakat untuk bertani seperti pupuk, bibit dan lainnya. Dari hal tersebut mengakibatkan perubahan dari perilaku masyarakat atau kegiatan masyarakat di Desa Dempo Timur dalam mengelola pertanian pasca pandemi.
Fokus penelitian yang diteliti pada skripsi ini adalah 1) Bagaimana perilaku masyarakat mengelola pertanian pasca pandemi di Desa Dempo Timur, Kecamatan Pasean, Kabupaten Pamekasan ? 2) Apa upaya yang dilakukan masyarakat untuk meningkatkan pendapatan pertanian pasca pandemi di Desa Dempo Timur, Kecamatan Pasean, Kabupaten Pamekasan ?.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Target informan yang di pilih adalah Kepala Desa, tokoh masyarakat atau ketua pertanian, dan masyarakat Desa Dempo Timur. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1. Perilaku masyarakat merupakan suatu aktivitas manusia atau kegiatan manusia yang dilakukan di suatu daerah perilaku masyarakat mengelola pertanian pasca pandemi masyarakat menunjukkan bermacam-macam sikap atau perilaku pada pasca pandemi. Serta ada salah satu masyarakat yang memilih untuk untuk berhenti bertani dikarenakan mengalami kerugian sehingga beralih ke pekerjaan yang lain. 2. Upaya yang dilakukan masyarakat untuk meningkatkan pendapatan pasca pandemi di Desa Dempo Timur masyarakat melakukan perubahan atau evolusi dengan melakukan inovasi yaitu dengan mencoba tanaman selain padi, tembakau dan jagung. Perkembangan yang tercipta di kalangan masyarakat tidak hanya memperbaiki pendapatan ekonomi saja akan tetapi juga perkembangan pola pikir untuk mencoba hal baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: imam wahyudi
Date Deposited: 06 Nov 2023 02:35
Last Modified: 06 Nov 2023 02:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29167

Actions (login required)

View Item View Item