Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Soal Open Ended Materi Statistika Ditinjau Dari Tingkat Sense of Humor Kelas XI SMKN 5 Jember

Amitha, Sherly Ida (2023) Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Soal Open Ended Materi Statistika Ditinjau Dari Tingkat Sense of Humor Kelas XI SMKN 5 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Sherly Ida Amitha_T20197066.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif matematis merupakan kemampuan individu untuk terampil dalam memecahkan masalah matematika dengan memunculkan berbagai alternatif penyelesaian. Berdasarkan pra observasi yang dilakukan di kelas XI SMKN 5 Jember diperoleh informasi bahwa siswa jarang mengerjakan soal bahkan tidak pernah melatih diri untuk mengerjakan soal yang berkaitan dengan kemampuan berpikir kreatif sehingga siswa kurang terlatih dalam menciptakan gagasan-gagasan baru sebagai alternatif penyelesaian.

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada soal open ended materi statistika ditinjau dari tingkat sense of humor tinggi kelas XI SMKN 5 Jember. 2) mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada soal open ended materi statistika ditinjau dari tingkat sense of humor sedang kelas XI SMKN 5 Jember. 3) mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada soal open ended materi statistika ditinjau dari tingkat sense of humor rendah kelas XI SMKN 5 Jember.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya melalui angket MSHS, tes kemampuan berpikir kreatif matematis, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 siswa dengan tingkat sense of humor tinggi,
sedang, dan rendah. Pengambilan subjek dilakukan dengan teknik purposive sampling. Analisis data pada penelitian ini yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik.

Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Subjek dengan tingkat sense of humor tinggi yaitu ST kemampuan berpikir kreatif matematisnya berada pada level 2 (Kurang kreatif). Hal ini dikarenakan subjek hanya mampu memenuhi indikator kelancaran dan tidak mampu memenuhi dua indikator yang lain yaitu keluwesan dan kebaruan. 2) Subjek dengan tingkat sense of humor sedang yaitu SS kemampuan berpikir kreatif matematisnya berada pada level 4 (sangat kreatif). Hal ini dikarenakan subjek mampu memenuhi ketiga indikator kemampuan berpikir kreatif matematis yakni kelancaran, keluwesan dan kebaruan. 3) Subjek dengan tingkat sense of humor rendah yaitu SR kemampuan berpikir kreatif matematisnya berada pada level 0 (tidak kreatif). Hal ini dikarenakan subjek tidak mampu memenuhi ketiga indikator kemampuan berpikir kreatif matematis yakni kelancaran, keluwesan dan kebaruan.

Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Soal Open Ended, Sense Of Humor

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs Sherly Ida Amitha
Date Deposited: 06 Nov 2023 02:55
Last Modified: 06 Nov 2023 02:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29171

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item