PERILAKU KONSUMTIF PETANI PASCA PANEN DI DESA HARJOMULYO KECAMATAN SILO KABUPATEN JEMBER

Suhir, Muhammad (2023) PERILAKU KONSUMTIF PETANI PASCA PANEN DI DESA HARJOMULYO KECAMATAN SILO KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, universitas islam negeri kiai haji achmad siddiq jember.

[img] Text
Muhammad Suhir_E20192218..pdf

Download (24MB)

Abstract

Perilaku konsumtif tidak hanya terjadi kepada masyarakat perkotaan saja namun kerap kali ditemui pada masyarakat di pedesaan. Bukan hanya terjadi kepada remaja akan tetapi juga menjangkit para orang dewasa yang dalam konteks ini adalah petani. Karena pendapatan petani yang relatif besar dan terjadi secara periodik menjadi momentum bagi petani setelah panen untuk melakukan konsumsi barang ataupun jasa yang mereka inginkan.
Fokus penelitian pada penelitian ini 1) bagaimana perilaku konsumtif petani pasca panen di Desa Harjomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember? 2) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku konsumtif petani pasca panen di Desa Harjomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember?
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku konsumtif dan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif petani pasca panen di Desa Harjomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) perilaku konsumtif petani pasca panen di Desa Harjomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember terdiri atas (a) konsumsi impulsif. Yang ditandai dengan Adanya motivasi untuk mengesampingkan hal-hal lain dan bertindak secepatnya, mengabaikan konsekuensi, dan terjadi secara spontan. (b) dampak perilaku konsumtif. Yaitu gagal panen, perawatan lahan tidak maksimal, ketergantungan kepada tengkulak dan tidak sanggup membayar hutang. (c) konsumsi menunjukkan hasil panen. Yang ditandai dengan pembelian sepeda motor, perabotan rumah tangga dan pengadaan pesta. (d) pemanfaatan momentum. Yang ditandai dengan merenovasi rumah, pesta pernikahan dan ibadah haji. 2) faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif petani pasca panen di Desa Harjomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember terdiri atas (a) faktor ekonomi yang terdiri dari faktor pendapatan dan kekayaan rumah tangga. (b) faktor non ekonomi yang terdiri dari faktor budaya dan demografis, faktor keluarga, faktor pengelolaan informasi dan pengambilan keputusan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: muhammad suhir
Date Deposited: 06 Nov 2023 04:04
Last Modified: 06 Nov 2023 04:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29172

Actions (login required)

View Item View Item