Implementasi Strategi Research Based Learning Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Di SMPN 01 Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Amalia, Ade Fitri (2023) Implementasi Strategi Research Based Learning Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Di SMPN 01 Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ADE FITRI AMALIA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran merupakan sebuah kebutuhan utama yang harus terpenuhi dalam kehidupan seorang manusia. Pembelajaran dewasa ini dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Kehidupan sosial yang ada di lingkungan sekitar dapat dijadikan sebagai sumber belajar yang tidak terbatas serta dapat dimanfaatkan kapanpun dan dimanapun. Salah satu strategi pembelajaran yang memanfaatkan sumber belajar ini adalah strategi Research Based Learning (RBL).
Fokus pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan strategi RBL dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 01 Rambipuji Jember tahun pelajaran 2022-2023? 2) Bagaimana pelaksanaan strategi RBL dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 01 Rambipuji Jember tahun pelajaran 2022-2023? 3) Bagaimana evaluasi strategi RBL dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 01 Rambipuji Jember tahun pelajaran 2022-2023?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa model Miles and Huberman. Teknik penentuan subjek penelitian menggunakan nonprobability sampling dengan jenis purposive sampling. Sedangkan, untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Tahap perencanaan strategi RBL pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 01 Rambipuji Jember dilakukan melalui beberapa kegiatan seperti pada umunya. Namun, yang menjadi fokus utama dalam perencanaan pembelajaran berbasis RBL ini adalah kegiatan penentuan masalah oleh pendidik. 2) Tahap pelaksanaan strategi RBL dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 01 Rambipuji Jember dibagi menjadi 3 kegiatan, yakni kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pada kegiatan pembuka berisi orientasi materi, penyampaian tujuan, penyampaian keperluan pembelajaran, dan orientasi masalah. Kegiatan inti terdiri dari 3 tahap, yakni exposure, experience, dan capstone. Sedangkan kegiatan penutup berisi refleksi dan evaluasi. 3) Tahap evaluasi strategi RBL dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 01 Rambipuji Jember berfokus pada evaluasi psikomotor yang mencakup 4 kriteria, yakni kelancaran, keluwesan, keaslian, dan penguraian.
Kata kunci: Strategi research based learning, pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Ade Fitri Amalia
Date Deposited: 07 Nov 2023 02:18
Last Modified: 07 Nov 2023 02:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29173

Actions (login required)

View Item View Item