Strategi Penetapan Margin Dalam Pembiayaan Murabahah Di BMT Maslahah Cabang Kotaanyar Probolinggo

Hasanah, Iis Masruratul (2023) Strategi Penetapan Margin Dalam Pembiayaan Murabahah Di BMT Maslahah Cabang Kotaanyar Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
IIS MASRURATUL HASANAH_E20191002.pdf

Download (3MB)

Abstract

Iis Masruratul Hasanah, M.F Hidayatullah, 2023: Strategi Penetapan Margin Dalam Pembiayaan Murabahah Di BMT Maslahah Cabang Kotaanyar Probolinggo.
Kata kunci : Penetapan Margin, Pembiayaan Murabahah
BMT Maslahah Cabang Kotaanyar Probolinggo ini merupakan lembaaga keuangan non bank yang tidak menerapkan biaya pajak, tidak menerapkan biaya administrasi dan tidak ada potongan pada pembiayaan. Penelitian ini berfokus pada margin pembiayaan yang ditetapkan oleh pihak BMT, karena dengan penetapan margin yang ditawarkan oleh pihak BMT relatif sama dengan lembaga keuangan non bank lainnya.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana prosedur pembiayaan murabahah di BMT Maslahah Cabang Kotaanyar Probolinggo? 2) bagaimana strategi penetapan margin dalam pembiayaan murabahah di BMT Maslahah Cabang Kotaanyar Probolinggo?
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pembiayaan murabahah di BMT Maslahah Cabang Kotaanyar Probolinggo. 2) untuk mendeskripsikan strategi penetapan margin dalam pembiayaan murabahah di BMT Maslahah Cabang Kotaanyar Probolinggo.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan. Adapun Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data dalam penelitian ini pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1) Prosedur pembiayaan murabahah di BMT Maslahah Cabang Kotaanyar Probolinggo meliputi permohonan pembiayaan, pengumpulan data, analisis pembiayaan, persetujuan dan pencairan. 2) Strategi penetapan margin dalam pembiayaan murabahah di BMT Maslahah Cabang Kotaanyar Probolinggo yaitu target return pricing dan value pricing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Miss Iis Masruratul Hasanah
Date Deposited: 07 Nov 2023 01:59
Last Modified: 07 Nov 2023 01:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29175

Actions (login required)

View Item View Item