IMPLEMENTASI KEGIATAN KEAGAMAAN DALAM MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH AT TAQWA BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2020/2021

muawwanah, zakiyatul (2021) IMPLEMENTASI KEGIATAN KEAGAMAAN DALAM MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH AT TAQWA BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Zakiyatul Muawwanah_T20174015.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci:Implementasi, Kegiatan Keagamaan, Akhlakul Karimah. Kegiatan keagamaan di Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Bondowoso membantu guru dalam mendidik dan membentuk siswa menuju generasi muda bermoral dan berahlak mulia. Diantaranya melalui kegiatan keagamaan seperti peringatan mauid Nabi dan Mengadakan malam Ahwa. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana kegiatan keagamaan yang dapat membina akhlakul karimah Kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah AtTaqwa Bondowoso?, 2) Bagaimana akhlakul karimah siswa kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Bondowoso?, 3) Bagaimana implementasi kegiatan keagamaan dalam membina akhlakul karimah siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Bondowoso?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan kegiatan keagamaan yang dapat membina akhlakul karimah Kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Bondowoso?, 2) Untuk mendeskripsikan akhlakul karimah siswa kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Bondowoso?, 3) Untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan keagamaan dalam membina akhlakul karimah siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah AtTaqwa Bondowoso?. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Subyek penelitian menggunakan teknik purposive, Teknik pengumpulan data adalah observasi, Wawancara (Interview), dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) kegiatan keagamaan yang dapat membina akhlakul karimah siswa di MI At-Taqwa Bondowoso adalah Kegiatan keagamaan dan kebiasaan baik yang berupa melakukan 5 S (sapa, sopan, santun, salam, senyum) dan memperingati hari-hari besar keagamaan seperti isra’ mi’raj nabi Muhammad SAW, dan Maulid Nabi Muhammad SAW, mengadakan malam AHWA (Ahlu Sunnah Waljamaah). 2) Akhlakul karimah siswa di MI At-Taqwa sudah termasuk baik contohnya siswa dapat masuk sekolah tepat waktu, mengikuti jam pelajaran, mengikuti kegiatan keagamaan, meskipun kadang siswa yang disuruh untuk menghafalkan surat-surat ada yang tidak mau, namun juga pengaruh terhadap lingkungan yang ada disekitar mereka. 3) Implementasi yang berlangsung d MI At-Taqwa Bondowoso sudah berjalan dengan baik yaitu dengan dilaksankanya membaca dzikir, rotibul haddad saat pagi, sholat dhuhur berjamaah, sholat dhuhur berjamaah, mengadakan malam AHWA (malam Amaliah Ahwalus-Sunnah Waljama’ah An-nahdiyah) dan memang menerapkan nya sesuai dengan tujuan sekolah tersebut yaitu MIA RASA (Madrasah Ibtida’iyah Rasa Pesantren), dan pelanggaran yang dilakukan ketika siswa melakukan kegiatan keagamaan tidak banyak siswa yang melanggar hanya beberapa saja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 06 Nov 2023 07:22
Last Modified: 06 Nov 2023 07:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29179

Actions (login required)

View Item View Item