UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGHAFAL SURAT PENDEK MELALUI METODE ONE DAY ONE AYAT PADA KELOMPOK A DI RA DARUL HIKAM JENGGAWAH JEMBER

Hanik, Umi (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGHAFAL SURAT PENDEK MELALUI METODE ONE DAY ONE AYAT PADA KELOMPOK A DI RA DARUL HIKAM JENGGAWAH JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Umi Hanik.pdf

Download (6MB)

Abstract

Umi Hanik, 2023: Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam
Menghafal Surat Pendek Melalui Metode One Day One Ayat Di Ra Darul Hikam
Jenggawah Jember
Kata Kunci: Kemampuan Kognitif dan Metode One Day One Ayat
Menghafal menggunakan metode one day one ayat dalam meningkatkan
kemampuan kognitif anak adalah suatu usaha mempermudah serta tidak
membebankan anak dalam menghafal, karena dalam 1 hari hanya menghafalkan 1
ayat saja. Metode one day one ayat ini metode yang menarik dan menyenangkan
bagi anak karena dapat dilakukan dengan cara ataupun teknik yang dapat
berpengaruh baik pada perkembangan jiwa anak. Pada kenyataannya dalam
kegiatan menghafal kurang sesuai dengan kebutuhan untuk meningkatkan
kemampuan menghafal anak dikarenakan metode yang digunakan kurang menarik
dan menyenangkan bagi anak.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Adakah peningkatan
kemampuan kognitif anak dalam menghafal surat pendek melalui metode one day
one ayat pada kelompok A di RA Darul Hikam Jenggawah Jember?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan
kognitif anak dalam menghafal surat pendek melalui metode one day one ayat
pada kelompok A di RA Darul Hikam Jenggawah Jember Jember. Adapun subyek
dalam penelitian ini adalah anak kelompok A di RA Darul Hikam Jenggawah
Jember yang berjumlah kan 18 anak yang terdiri dari 8 anak perempuan dan 10
anak laki- laki. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan dalam dua siklus.
Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan
analisis kuantitatif. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan ketekunan
pengamatan, triangulasi sumber dan perpanjangan pengamatan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Penerapan metode
menghafal one day one ayat dalam proses pembelajaran memberikan
peningkatan terhadap kemampuan kognitif anak dalam menghafal surat
pendek pada kelompok A di RA Darul Hikam Jenggawah Jember. dapat
diketahui dari hasil perbedaan antara pre test dan post test. Persentase
ketuntasan peserta didik pada pre test terdapat 5 peserta didik yang tuntas
dengan persentase 27,7%. pada siklus I ketuntasan peserta didik meningkat
dengan jumlah 11 peserta didik yang tuntas dengan persentase 61,1% dan
pada siklus II ketuntasan peserta didik lebih meningkat dari siklus I dengan
jumlah 14 peserta didik serta persentase mencapai 77,7%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130310 Maori Education (excl. Early Childhood and Primary Education)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs. Umi Hanik
Date Deposited: 09 Nov 2023 07:43
Last Modified: 09 Nov 2023 07:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29189

Actions (login required)

View Item View Item