PERTIMBANGAN HAKIM DALAM PERKARA SENGKETA PEMILIHAN KEPALA DESA SUBO KECAMATAN PAKUSARI KABUPATEN JEMBER (STUDI PUTUSAN PTUN SURABAYA NO. 50/G/2020/PTUN. Sby MENGENAI SENGKETA PILKADES DI DESA SUBO)

Anggraeni, Rofi (2023) PERTIMBANGAN HAKIM DALAM PERKARA SENGKETA PEMILIHAN KEPALA DESA SUBO KECAMATAN PAKUSARI KABUPATEN JEMBER (STUDI PUTUSAN PTUN SURABAYA NO. 50/G/2020/PTUN. Sby MENGENAI SENGKETA PILKADES DI DESA SUBO). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
B5 SKRIPSI ROFI ANGGRAENI 2023 FIX.pdf

Download (11MB)

Abstract

Rofi Anggraeni, 2023: Pertimbangan Hakim Dalam Perkara Sengketa Pemilihan Kepala Desa Subo Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember (Studi Putusan PTUN Surabaya No 50/G/2020/PTUN.Sby Mengenai Sengketa Pilkades di Subo

Kata Kunci : Pertimbangan, Hakim, Hukum Pilkades, Sengketa.

Pemahaman mengenai kedaulatan rakyat (demokrasi) menegaskan bahwa rakyat adalah pemegang kuasa tertinggi serta pemilik di dalam suatu negara. Hal ini berarti bahwa rakyat memiliki wewenang untuk menetapkan kerangka dan sistem tata kelola pemerintahan serta tujuan yang ingin negara capai dengan efektif dan efisien. Oleh karena itu, sistem desentralisasi seperti otonomi daerah memberikan pemerintahan yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik setempat. Dalam konteks kasus ini, Siti Marissa, salah satu calon kepala desa, mengajukan gugatan terkait proses pemilihan kepala desa yang menimbulkan perselisihan dengan Yani Romyatun, calon petahana. Putusan PTUN Surabaya Nomor 50/G/2020/PTUN.Sby menjadi pusat perhatian dalam penelitian ini, dan peneliti akan mengkaji bagaimana hakim mempertimbangkan argumen dari kedua belah pihak dan akhirnya membuat keputusan.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pertimbangkan hakim pada putusan perkara Nomor 50/G/2020/PTUN.Sby? dan 2) Bagaimana akibat hukum dari amar putusan majelis hakim pada perkara putusan Nomor 50/G/2020/PTUN.Sby?
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pertimbangan yang dilakukan oleh hakim serta konsekuensi hukum yang timbul dari amar putusan yang dikeluarkan oleh majelis hakim dalam Putusan Perkara Nomor: 50/G/2020/PTUN.Sby yang berkaitan dengan Sengketa Pemilihan Kepala Desa Subo di Kecamatan Pakusari, Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian hukum normatif dengan pendekatan peraturan perundang-undangan dan pendekatan konseptual untuk memahami konflik dan penyelesaian sengketa pemilihan kepala desa di Desa Subo, Kecamatan Pakusari, Kabupaten Jember. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Pengumpulan data dilakukan melalui analisis teks dan interpretasi mendalam terhadap bahan-bahan hukum yang relevan.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah dalam putusan perkara Nomor 50/G/2020/PTUN.Sby, 1) hakim melakukan pertimbangan hokum yang melibatkan verifikasi fakta hukum, integrasi teori, dan perundang-undangan yang relevan yakni mempertimbangkan hukum awal, memverifikasi kuasa hukum, mempertimbangkan eksepsi tergugat, mempertimbangkan kewenangan pengadilan, serta penilaian substansi hokum. 2) Kemudian akibat hukum dari amar putusan majelis hakim pada perkara putusan Nomor 50/G/2020/PTUN.Sby adalah Pencabutan Surat Keputusan (SK) Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Desa Subo dan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu (PAW).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Rofi Anggraeni
Date Deposited: 07 Nov 2023 02:39
Last Modified: 07 Nov 2023 02:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29195

Actions (login required)

View Item View Item