internalisasi nilai-nilai karakter dalam pembelajran tematik di kelas 2 madrasah ibtidaiyah muhammadiyah 2 drajat kabupaten bojonegoro

firmansyah, sigit (2022) internalisasi nilai-nilai karakter dalam pembelajran tematik di kelas 2 madrasah ibtidaiyah muhammadiyah 2 drajat kabupaten bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN KH.Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi ku (sigit firmansyah).pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi internalisasi nilai-nilai karakter pada kelas 2 dalam pembelajaran tematik di MI Muhammadiyah 2 Drajat, dalam penelitian ini memiliki keunikan tersendiri yaitu penguatan karakter pada peserta didik melalui pembelajaran tematik dimana nilai-nilai karakter ini dibuat dan dirancang melalui perencanaan pembelajaran, nilai-nilai karater ini untuk membentuk siswa menjadi pribadi yang baik. Internalisasi nilai-nilai karakter yang mengaitkan Pembelajaran tematik didalamnya untuk membetuk kepribadian siswa agar menjadi teladan atau contoh bagi yang lain. Dengan pembiasaan karakter yang baik maka siswa akan memiliki kepribadian yang baik dan bermutu. Dalam mengatasi permasalahan yang berada dalam kelas 2 melalui pembelajaran tematik di sekolah MI Muhammadiyah 2 Drajat.
Fokus penelitian ini adalah 1. Bagaimana proses internalisasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran tematik di kelas 2 MI Muhammadiyah 2 Drajat? 2. Bagaimana prilaku siswa kelas 2 MI Muhammadiyah 2 Drajat dalam menerapkan nilai-nilai karakter? 3. Apa saja kendala yang dihadapi dan solusi yang diupayakan sekolah dalam proses internalisasi nilai-nilai karakter di MI Muhammadiyah 2 Drajat.
Motode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam skripsi ini melalui tiga yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan data mengunakan triangulasi sumber dan teknik.
Penelitian memperoleh kesimpulan 1) Internalisasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran tematik di MI Muhammadiyah 2 Drajat dilaksanakan dengan tiga tahapan, yakni perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. 2). Dengan pembiasaan nilai-nilai karakter yang dilakukan siswa di sekolah MI Muhammadiyah 2 Drajat yaitu menerapkan nilai religius, jujur, disiplin, dan tanggung jawab. 3) ada beberapa kendala dan solusi yang diupayakan oleh sekolah dalam proses internalisa nilai-nilai karakter yaitu, latar belakang siswa, kemampuan siswa dalam memahami pembelajaran, kesadaran siswa untuk disiplin, pihak guru yang terkadang masih lalai. Solusi yang diupayakan sekolah yaitu bagaimana melakukan perbaikan yang masih kurang dalam pembelajaran maupun penerapan baik dari siswa maupun guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sigit Firmansyah Sigit Firmansyah
Date Deposited: 13 Nov 2023 07:14
Last Modified: 13 Nov 2023 07:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29196

Actions (login required)

View Item View Item