Motivasi Pemakaian Jilbab Mahasiswi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Tahun Akademik 2022/2023

Dayu Firmanda, Aldo (2023) Motivasi Pemakaian Jilbab Mahasiswi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Tahun Akademik 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ALDO DAYU FIRMANDA_T20191242.pdf

Download (4MB)

Abstract

Aldo Dayu Firmanda, 2023: Motivasi Pemakaian Jilbab Mahasiswi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Tahun Akademik 2022/2023.
Kata Kunci: Motivasi Pemakaian Jilbab, Mahasiswi PAI, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Menutup aurat merupakan kewajiban bagi setiap muslimah. Kewajiban menutup aurat diantaranya yaitu pemakaian jilbab. Pemakaian jilbab ini sudah diatur di dalam al-Qur’an maupun dalam hadis Nabi Salallahu ‘alaihi wa sallam, dan kriteria jilbab juga sudah dibahas oleh ulama-ulama terdahulu. Di kampus Universitas Agama Islam Negeri Jember, terkhusus program studi Pendidikan Agama Islam, pemakaian jilbab sangat beragam mulai dari yang lebar dan tebal hingga yang kecil dan terlihat bagian rambut. Hal ini mengindikasikan bahwa di kampus UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, motivasi mahasaiswi dalam meamakai jilbab sangat beragam, selain dikarenakan kesadaran atas kewajiban seorang muslim dalam menaati syariat Islam, juga ada motivasi-motivasi lain yang melandasi mahasiswi dalam pemakaian jilbab.

Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana motivasi intrinsik pemakaian jilbab mahasiswi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Tahun Akademik 2022/2023? 2) Bagaimana motivasi ekstrinsik pemakaian jilbab mahasiswi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Tahun Akademik 2022/2023?

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan motivasi intrinsik pemakaian jilbab mahasiswi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Tahun Akademik 2022/2023. 2) Untuk mendeskripsikan motivasi ekstrinsik pemakaian jilbab mahasiswi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Tahun Akademik 2022/2023.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan, teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis Milles and Hubermen yang bersifat deskriptif.

Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Motivasi insrinsik. a) Mahasiswi meyakini bahwa memakai jilbab hukumnya adalah wajib sehingga mengharuskan mereka memakai jilbab; b) Mahasiswi merasa takut ketika tidak menggunakan jilbab bisa menyeret laki-laki terdekatnya ke neraka; c) Mahasiswi merasa nyaman ketika memakai jilbab; d) Mahawiswi merasa malu jika tidak memakai jilbab. 2) Motivasi ekstrinsik. a) Adanya dorongan dari keluarga dan juga suasana keluarga yang islami menyebabkan mahasiswi terdorong memakai jilbab; b) Pengaruh pertemanan menyebabkan mahasiswi terdorong mamaki jilbab; c) Mahasiswi ketika memakai jilbab ia merasa lebih aman dan terjaga dari gangguan orang; d) Mahasiswi mendapatakan hidayah setelah mengikuti kajian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Aldo Dayu Firmanda
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:19
Last Modified: 07 Nov 2023 07:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29200

Actions (login required)

View Item View Item