Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Siswa dan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMAN Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.

Nabila, Ittaqi (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Siswa dan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMAN Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI NABILA ITTAQI_T20198024.pdf

Download (8MB)

Abstract

Nabila Ittaqi, 2023: Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Siswa dan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMAN Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.

Kata kunci: Model Pembelajaran Biologi, Kemampuan Berpikir Analisis, Hasil Belajar

Kemampuan siswa di Indonesia pada bidang sains mayoritas masih rendah. Hal tersebut dibuktikan oleh hasil survei PISA pada tahun 2018 pada bidang sains, diketahui bahwa kemampuan siswa Indonesia berada pada peringkat ke-71 dari 79 negara. Berdasarkan hasil wawancara pra penelitian dengan guru biologi di SMAN Jenggawah diketahui bahwa kemampuan mayoritas siswa kelas X dalam memecahkan suatu persoalan masih rendah. Siswa hanya mampu menjawab secara teori dan belum mampu menjabarkan jawaban secara lengkap. Materi pencemaran lingkungan adalah materi yang berkaitan dengan pemecahan permasalahan lingkungan sehingga sebaiknya pembelajaran lebih berpusat pada siswa dengan menggunakan model pembelajaran group investigation agar dapat meningkatkan kemampuan berpikir analisis siswa dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan kemampuan berpikir analisis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Group Investigation pada materi pencemaran lingkungan di SMAN Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2022/2023; 2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Group Investigation pada materi pencemaran lingkungan di SMAN Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2022/2023; 3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan berpikir analisis siswa kelas X pada pencemaran lingkungan di SMAN Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2022/2023; 4) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi pencemaran lingkungan di SMAN Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design dengan bentuk penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 72 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive. Sampel yang terpilih terdapat dua kelas yaitu kelas X6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa pilihan ganda dan esai. Teknik analisis data menggunakan uji Z.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan berpikir analisis siswa kelas eksperimen diperoleh rata-rata 81,53 dan kelas kontrol diperoleh rata-rata 74,97; 2) Hasil belajar siswa kelas eksperimen diperoleh rata-rata 83,61 dan kelas kontrol diperoleh rata-rata 77,5; 3) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan berpikir analisis siswa dengan nilai signifikan 0,012; 4) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Group Investigation terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikan 0,004.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0501 Ecological Applications > 050102 Ecosystem Function
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Miss Nabila Ittaqi
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:12
Last Modified: 07 Nov 2023 07:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29201

Actions (login required)

View Item View Item