Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Pendopo Sabha Swagata Blambangan Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di SMPN 2 Rogojampi Banyuwangi

Muhammad, Yamin (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Pendopo Sabha Swagata Blambangan Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di SMPN 2 Rogojampi Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
hard watermak.pdf

Download (13MB)

Abstract

Lembar kerja peserta didik (LKPD) merupakan bahan ajar yang berupa lembaran yang berisi materi dan petunjuk pengerjaan tugas sebagai fasilitator dalam berlangsungnya proses pembelajaran. Lembar kerja peserta didik dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengontruksikan pemahaman konsep dan melatih kemampuan berfikir kreatif dengan berperan aktif. Dalam hal ini peneliti mengambangkan bahan ajar LKPD berbasis etnomatematika yang dapat digunakan pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran.
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan kevalidan LKPD berbasis etnomatematika pendopo sabha swagata blambangan pada materi bangun ruang sisi datar di SMPN 2 Rogojampi Banyuwangi. 2) Mendeskripsikan kepraktisan LKPD berbasis etnomatematika pendopo sabha swagata blambangan pada materi bangun ruang sisi datar di SMPN 2 Rogojampi Banyuwangi. 3) Mendeskripsikan keefektifan LKPD berbasis etnomatematika pendopo sabha swagata blambangan pada materi bangun ruang sisi datar di SMPN 2 Rogojampi Banyuwangi.
Model pengembangan ini menggunakan model Plomp yang sudah dimodifikasi (prelimenary investigation, design, realization, test, evaluation and revision). Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli desain, lembar validasi ahli budaya, angket respon pendidik dan peserta didik dan lembar tes.
Hasil penelitian pengembangan produk lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika Pendopo Sabha Swagata Blambangan pada materi bangun ruang sisi datar dengan memperhatikan standar kompetensi inti dan kompetensi dasar yang sesuai melalui beberapa tahapan yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap realisasi, tahap tes, evaluasi dan revisi. Hasil validasi LKPD dari setiap validator yaitu 1) Rata-rata nilai validasi ahli materi 4,7, 2) Rata-rata nilai validasi ahli desain 4,525, 3) Rata-rata nilai validasi ahli budaya 4,4. Dan total rata-rata keseluruhan nilai validasi dari ketiga validator adalah 4,54 dengan kriteria sangat valid. Hasil rata-rata nilai dari angket respon pendidik dan peserta didik dalam uji kepraktisan adalah 4,1 dari respon pendidik dan 4,074 dari respon peserta didik dengan kriteria praktis. Dan hasil rata-rata nilai tes dari 5 soal esai dalam uji keefektifan adalah 88,8% siswa dengan kriteria tuntas, sehingga LKPD yang dikembangkan ini mencapai kriteria efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: mr muhammad yamin
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:45
Last Modified: 07 Nov 2023 07:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29206

Actions (login required)

View Item View Item