Analisis Sistem Informasi Akuntansi Studi Pada Koperasi Konsumen Gangsar Jaya Abadi Desa Tempursari Kabupaten Lumajang.

MAHFOD, AMIR (2023) Analisis Sistem Informasi Akuntansi Studi Pada Koperasi Konsumen Gangsar Jaya Abadi Desa Tempursari Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, UIN KH Achamad Siddiq Jember.

[img] Text
AKS_Amir Mahfod_E20193101.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sistem informasi akuntansi adalah sistem yang dapat mengumpulkan, mencatat, menyimpan, dan memproses data untuk menghasilkan informasi bagi para pembuat keputusan. Hal ini termasuk orang, prosedur dan instruksi, data, perangkat lunak, infrastruktur teknologi informasi, kontrol internal serta langkah-langkah keamanan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana penerapan sistem informasi akuntansi penerimaan kas pada Koperasi Konsumen Gangsar Jaya Abadi Desa Tempursari Kabupaten Lumajang? 2. Apa kendala yang terjadi dalam penerapan sistem informasi akuntansi penerimaan kas pada Koperasi Konsumen Gangsar Jaya Abadi Desa Tempursari Kabupaten Lumajang? 3. Bagaimana cara mengatasi kendala yang terjadi dalam penerapan sistem informasi akuntansi penerimaan kas di Koperasi Konsumen Gangsar Jaya Abadi?
Tujuan penelitian skripsi ini adalah: 1. Untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan sistem informasi akuntansi penerimaan kas pada Koperasi Konsumen Gangsar Jaya Abadi Desa Tempursari Kabupaten Lumajang. 2. Untuk mengetahui kendala dan cara mengatasi dalam penerapan sistem informasi akuntansi penerimaan kas pada Koperasi Konsumen Gangsar Jaya Abadi Desa Tempursari Kabupaten Lumajang. 3. Untuk mengetahui cara mengatasi kendala dalam penerapan sistem informasi akuntansi penerimaan kas pada Koperasi Konsumen Gangsar Jaya Abadi Desa Tempursari Kabupaten Lumajang.
Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian menggunakan purposive, adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam keabsahan data menggunakan data triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan sistem informasi akuntansi menggunakan sistem secara manual yang menekankan pada pemakaian jurnal dan buku besar yang bebasis kertas, Kendala yang terjadi terdapat kesulitan ketika proses penjumlahan berlangsung yang masih menggunakan alat bantu kalkulator, jika terdapat kesalahan dalam proses penjumlahan maka cara mengatasinya harus di Tip Ex atau ditempel dengan lembaran buku yang beguna untuk menutupi kesalahan dalam penulisan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Mr AMIR MAHFOD
Date Deposited: 08 Nov 2023 02:53
Last Modified: 08 Nov 2023 02:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29211

Actions (login required)

View Item View Item