Implementasi Gaya Kepemimpinan Dalam Memgembangkan Kualitas Sistem Informasi Akuntansi Di BMT UGT Capem Jember Kota

Oktaviani, Fadhila (2023) Implementasi Gaya Kepemimpinan Dalam Memgembangkan Kualitas Sistem Informasi Akuntansi Di BMT UGT Capem Jember Kota. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Revisi Skrisi DhilaAA.pdf

Download (22MB)

Abstract

Fadhila Oktaviani, Dr. H. Fauzan, 2023: Implementasi Gaya Kepemimpinan dalam Mengembangkan Kualitas Sistem Informasi Akuntansi di Baitul Maal Tamwil (BMT) Usaha Gabungan Terpadu (UGT) Capem Jember Kota.
Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Sistem Informasi Akuntansi, BMT UGT
Gaya kepemimpinan adalah strategi tindakan seorang pemimpin, yang tujuannya adalah membuat seseorang mau melakukan apa yang diharapkan untuk mencapai tujuan perusahaan atau organisasi yang telah ditetapkan. Gaya kepemimpinan akan mempengaruhi kualitas sistem informasi akuntansi dimana gaya kepemimpinan mampu menggerakkan dan mempengaruhi sumber daya yang terdapat pada sistem informasi akuntansi. Penyajian ketepatan serta keakuratan sistem informasi akuntansi akan lebih menjadi terkonsep dengan adanya peran kepemimpinan yang menjadi panduan arahan serta pengerjaan, sehingga akan berdampak pada perkembangan kualitasnya.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: Bagaimana implementasi gaya kepemimpinan dalam mengembangkan kualitas sistem informasi akuntansi di BMT UGT Capem Jember Kota?
Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui penerapan implementasi gaya kepemimpinan dalam mengembangkan kualitas sistem informasi akuntansi di BMT UGT Capem Jember Kota.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian lapangan. Untuk mendukung data yang diteliti, maka dalam penelitian ini pencarian dan pengumpulan data diperoleh dari informan dengan menggunakan teknik triangulasi. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1. BMT UGT Capem Jember Kota menerapkan Gaya Kepemimpinan Demokratis telah dilaksanakan dengan baik melalui motivasi, pembinaan untuk meningkatkan semangat kinerja karyawan yang sesuai dengan SOP (Standart Operasional Perusahaan). 2. Kinerja pegawai atau karyawan BMT UGT Capem Jember Kota telah sesuai dengan apa yang diharapkan oleh perusahaan. Dalam menjalankan tugas-tugasnya karyawan telah melaksanakan sesuai dengan SOP (Standart Operasional Perusahaan karena itu sudah menjadi kewajiban dan tanggung jawab karyawan untuk melaksanakan sesuai prosedur perusahaan. 3. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, gaya kepemimpinan demokratis yang diterapkan oleh BMT UGT Capem Jember Kota dapat meningkatkan kinerja karyawan dari tahun ke tahun. Hal tersebut juga sesuai dengan apa yang disampaikan oleh kepala cabang, bahwa gaya kepemimpinan demokratis yang telah diaplikasikan hingga saat ini efektif dapat meningkatkan kinerja karyawan dalam mencapai tujuan perusahaan tersebut. 4. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, sistem informasi akuntansi berpengaruh dan cukup signifikan terhadap perkembangan Baitul maal wa tamwil. Hal ini berarti semakin bagus dan cepat kualtias sistem informasi akuntasi dari suatu perusahaan atau organisai maka semakin besar pula dampaknya untuk penyediaan informasi keuangan dan pengambilan keputusan bagi Baitul maal wa tamwil di kota Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
Depositing User: Ms Fadhila Oktaviani
Date Deposited: 07 Nov 2023 04:26
Last Modified: 07 Nov 2023 04:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29212

Actions (login required)

View Item View Item