Analisis produktivitas tenaga kerja perempuan pada penentuan upah oleh PT Tri Mitra Makmur plant 3 situbondo

Sofi indana zulfa, Sofi (2023) Analisis produktivitas tenaga kerja perempuan pada penentuan upah oleh PT Tri Mitra Makmur plant 3 situbondo. Undergraduate thesis, UIN KIAI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SOFI INDANA ZULFA_E20192024.pdf

Download (5MB)

Abstract

Sofi Indana Zulfa, 2023: Analisis Produktivitas Tenaga Kerja Perempuan Pada Penentuan Upah Oleh PT Tri Mitra Makmur Plant 3 Situbondo
Kata kunci : Produktivitas Kerja, Tenaga Kerja Perempuan, Pengupahan
Produktivitas tenaga kerja wanita merupakan hasil produksi wanita dalam menjalankan suatu kegiatan yang akan memperoleh penghasilan dalam memenuhi kebutuhan rumah tangganya. Salah satu faktor yang mempengaruhi produktivitas tenaga kerja adalah upah. Upah merupakan segala sesuatu yang diterima oleh pekerja sebagai tanda balas jasa atas suatu pekerjaan terhadap perusahaan.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi yaitu: 1) Bagaimana model penentuan upah di PT Tri Mitra Makmur Plant 3 Situbondo? 2) Bagaimana produktivitas tenaga kerja perempuan pada penentuan upah oleh PT Tri Mitra Plant 3 Situbondo?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui model penentuan upah di PT Tri Mitra Makmur Plant 3 Situbondo. 2) Bagaimana produktivitas tenaga kerja perempuan pada penentuan upah oleh PT Tri Mitra Plant 3 Situbondo?
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam menentukan informan peneliti menggunakan purposive yaitu pertimbangan memilih informan yang dianggap mengetahui informasi terkait permasalahan yang akan diteliti. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, dalam keabsahan data, teknik yang digunakan dalam penelitian ini merupakan teknik triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini adalah 1) Sistem pemberian upah yang diterapkan pada PT Tri Mitra Makmur Plant 3 Situbondo ada dua yaitu, sistem upah menurut waktu dan sistem upah menurut hasil dan satuan upah. 2) Produktivitas kerja sangat menentukan besaran upah yang akan diterima oleh buruh, jika buruh dalam produktivitas kerjanya tidak optimal, maka upah yang diberikan akan rendah, sebaliknya apabila buruh di sini dalam produktivitas kerjanya bagus, maka upah yang akan diberikan akan maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140211 Labour Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Sofi Indana
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:35
Last Modified: 07 Nov 2023 07:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29213

Actions (login required)

View Item View Item