Optimalisasi Kualitas Pelayanan Melalui Replacement Card Machine (RCM) Sebagai Solusi Dalam Mengatasi Permasalahan Kartu Debit Nasabah di Bank Bri KC Jember

Aini, Nur (2023) Optimalisasi Kualitas Pelayanan Melalui Replacement Card Machine (RCM) Sebagai Solusi Dalam Mengatasi Permasalahan Kartu Debit Nasabah di Bank Bri KC Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NUR AINI_E20191048.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nur Aini, 2023: Optimalisasi Kualitas Pelayanan Melalui Replacement Card Machine (RCM) Sebagai Solusi Dalam Mengatasi Permasalahan Kartu Debit Nasabah Di Bank BRI KC Jember.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Mesin RCM (Replacement Card Machine)
Mesin RCM (Replacement Card Machine) adalah fasilitas mesin layanan digital yang baru dikeluarkan oleh bank BRI. Layanan digital yang dapat melakukan penggantian kartu ATM dengan memanfaatkan data nasabah, E-KTP dan finger print untuk melakukan validasi data. Penggatian kartu melalui mesin RCM meliputi; kartu hilang, kartu rusak, dan kartu tertelan.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana upaya optimalisasi kualitas pelayanan memalui mesin RCM dalam mengatasi permasalahan kartu debit nasabah ? 2) Apa saja solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan kartu debit nasabah di BRI KC Jember?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menganalisis upaya optimalisasi kualitas pelayanan memalui mesin RCM dalam mengatasi permasalahan kartu debit nasabah. 2) Mendeskripsikan solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan kartu debit nasabah di BRI KC Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan informan menggunakan teknik Snowbal. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan 1) Bank BRI memanfaatkan mesin digital dalam mengoptimalkan kualitas pelayanannya, BRI meluncurkan mesin baru yaitu mesin RCM, dengan adanya fasilitas layanan mesin RCM ini dapat mengurai antrian dan meningkatkan kualitas pelayanan lebih baik bagi nasabah. 2) Banyak faktor yang menyebabkan kartu debit nasabah tidak dapat digunakan, beberapa penyebab kartu debit tidak dapat digunakan: Kartu disable, Kartu sudah kadaluwarsa, Salah memasukkan PIN ATM, Kartu ATM rusak, Kartu ATM hilang. Dalam mengatasi permasalahan kartu debit nasabah membutuhkan sebuah teknologi yang disebut dengan RCM, teknologi merupakan faktor pendukung sebagai alat untuk membantu mempercepat dan mempermudah sebuah proses. Dengan sistem dan pelayanan yang berkualitas, maka nasabah akan merasa puas sehingga akan mempertahankan dan meningkatkan loyalitas nasabah bank BRI KC Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140205 Environment and Resource Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Nur Aini
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:08
Last Modified: 07 Nov 2023 08:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29222

Actions (login required)

View Item View Item