Strategi pengembangan usaha home industri batu bata di desa surren kec Ledokombo kab jember

Nuriyah, Siti (2023) Strategi pengembangan usaha home industri batu bata di desa surren kec Ledokombo kab jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi Siti Nuriyah E20192304 fix.pdf

Download (4MB)

Abstract

Desa suren merupakan desa yang lebih luas lahan pertanian dan pekarangannya serta tanah yang bagus dan halus yang membuat warga banyak membuka usaha home industri batu bata, dimana dalam pembuatannya masih di lakukan secara manual, seperti pengadukan pembuatan adonan batu bata, yang masih menggunakan tangan.tak hanya itu penjualan batu bata di desa surren hanya sebatas dari mulut ke mulut Faktor lain yang mempengaruhi aspek pemasaran yang dihadapi oleh pengrajin industri ubin dalam negeri adalah kemajuan zaman menyebabkan produk ubin seperti ubin encaustic semakin kompetitif dan terjangkau oleh masyarakat. Kemunculan material ini membuat banyak konsumen lebih memilih material pengganti batu bata tanah liat merah dalam konstruksi. Berdasarkan uraian di atas, maka dapat diasumsikan bahwa terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi kelangsungan industri kerajinan batu bata. Oleh karena itu, peneliti sangat tertarik untuk memahami strategi pengembangan industri batu bata buatan tangan. Perlu adanya kebijakan strategi pengembangan bagi perajin batu bata untuk mempertahankan dan mengembangkan usaha batu bata. Fokus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan industri dalam negeri apa yang sebaiknya diterapkan, khususnya bagi para perajin industri batu bata.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif karena datanya bersifat deskriptif sehingga tidak melibatkan angka atau statistik, dengan kata lain metode penelitian ini berusaha mengkaji dan menggambarkan lebih dalam dari fenomena yang di kaji dalam hal ini peneliti dapat melakukan pendektan lebih inten dalam melakuklan pengumpulan data dengan cara wawancara dan observasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi pengembangan home industri batu bata di desa surren kecamatan ledokombo kabupaten jember menggunakan pengembangan strategi pemasaran, dimana para pengusaha home industri batu bata bekerja sama dengan kelompok usaha lain untuk meningkatkan hasil penjualan, dan mengembangkan usahanya
Faktor pendukung dan penghambat dalam home industri batu bata desa surren keamatan ledokombo kabupaten jember yaitu, faktor modal dimana bahan baku pembuatan batu bata mudah di dapat, faktor pemasara yang semakin luas dengan adanya alat elektronik menggunakan media sosial, seperti promosi melalui whatsaap, dan facebook, dan faktor lokasi dimana dimana penempatan penjualan mudah di jangkau, yang mempermudahkan karyawan dalam pembutan batu bata, mempermudah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Nuriyah Nuriyah
Date Deposited: 12 Dec 2023 07:57
Last Modified: 12 Dec 2023 07:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29233

Actions (login required)

View Item View Item