Penggunaan Media Pembelajaran Youtube Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII Mata Pelajaran IPA di MTsN 10 Jember

Maharani, Bintang (2023) Penggunaan Media Pembelajaran Youtube Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII Mata Pelajaran IPA di MTsN 10 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI Bintang Maharani Watermark.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bintang Maharani, 2023: Penggunaan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII Mata Pelajaran IPA di MTsN 10 Jember

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Youtube, Pembelajaran IPA

Pemanfaatan dalam pembelajaran telah mengubah pendekatan pembelajaran dengan menyajikan berbagai video yang merangsang pemikiran, memusatkan perhatian, dan meningkatkan minat siswa. Hal ini telah membantu meningkatkan pemahaman siswa, terutama dalam mata pelajaran IPA di MTsN 10 Jember. juga memberikan pengalaman belajar dengan teknologi baru yang bermanfaat di masa depan. Dengan ribuan video yang tersedia, menjadi sumber referensi yang beragam bagi siswa dengan berbagai tingkat kemampuan dan minat.
Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran dengan menggunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan minat siswa kelas VII pada mata pelajaran IPA di MTsN 10 Jember. (2) Bagaimana penggunaan Youtube sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas VII mata pelajaran IPA di MtsN 10 Jember. (3) Bagaimana respons siswa terhadap penggunaan Youtube sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas VII mata pelajaran IPA di MTsN 10 Jember. Tujuan penelitian ini adalah(1). Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran dengan menggunakan Youtube sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan minat siswa kelas VII pada mata pelajaran IPA di MTsN 10 Jember. (2) Mendeskripsikan penggunaan Youtube sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPA di MTsN 10 Jember. (3) Mendeskripsikan respons siswa terhadap penggunaan Youtube sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPA di MTsN 10 Jember.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis menggunakan beberapa tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan uji keabsahan data yang meliputi uji kepercayaan (kreadibility), uji kebergantungan (dependebility) dan uji kepastian (confirmability). Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi yaitu tringaulasi sumber, tringaulasi teknik, dan tringaulasi waktu.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perencanaan penggunaan Youtube sebagai media pembelajaran video akan dipilih berdasarkan kriteria, relevansi, kualitas, dan pemahaman siswa. selanjutnya, rencana pembelajaran yang terstruktur dan panduan dari guru menjadi sangat penting. (2) penggunaan media Youtube dalam pembelajaran pada MTsN 10 dilaksanakan melalui proses guru meyiapkan alat LCD projector, siswa di arahkan untuk memperhatikan, siswa diberi pertanyaan pada pertengahan pembelajaran, siswa di beri waktu untuk mencatat materi yang telah disampaikan. (3) respons siswa penggunaan media Youtube pada saat pembelajaran lebih aktif berpartisipasi dan lebih fokus mengikuti pembelajaran ketimbang mengandalkan buku sebagai media utama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 04 EARTH SCIENCES > 0499 Other Earth Sciences > 049999 Earth Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Bintang Maharani
Date Deposited: 08 Nov 2023 07:39
Last Modified: 08 Nov 2023 07:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29252

Actions (login required)

View Item View Item