Penerapan Prinsip Kehati-hatian Dalam Pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR) Syariah di PT Pegadaian Cabang Jember

Hidayah, Nurul Hidayah (2023) Penerapan Prinsip Kehati-hatian Dalam Pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR) Syariah di PT Pegadaian Cabang Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI_CHOLILAH NURUL HIDAYAH_E20181118.pdf

Download (3MB)

Abstract

Cholilah Nurul Hidayah, 2023: Penerapan Prinsip Kehati-Hatian dalam Pemberian Kredit Usaha Rakyat di PT Pegadaian Cabang Jember.

Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan kredit atau pembiayaan modal kerja dan/atau investasi kepada Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi (UMKMK). Salah satu lembaga keuangan yang menyalurkan program pemerintah tersebut adalah PT Pegadaian Cabang Jember. Dalam penerapannya harus memperhatikan prinsip kehati-hatian (prudential principle) untuk meminimalisir kredit bermasalah.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui : Bagaimana penerapan prinsip kehati-hatian dalam penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) syariah di PT Pegadaian Cabang Jember?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan prinsip kehati-hatian dalam penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) syariah di PT Pegadaian Cabang Jember.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualititatif yang bersifat deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa prinsip kehati-hatian yang diterapkan dalam pemberian kredit usaha rakyat (KUR) syariah adalah mengutamakan penilaian character (karakter), dan capacity (kemampuan), dalam menentukan kelayakan nasabah, dan juga melakukan analisa terhadap perilaku nasabah yang mengajukan pembiayaan kredit usaha rakyat (KUR) syariah untuk meminimalisir resiko kredit bermasalah, karena pembiayaan tersebut tidak menggunakan jaminan tambahan.

Kata Kunci: penerapan, prinsip kehati-hatian, kredit usaha rakyat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140208 Health Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Cholilah Nurul Hidayah
Date Deposited: 08 Nov 2023 03:39
Last Modified: 08 Nov 2023 03:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29264

Actions (login required)

View Item View Item