Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Program Sekarsari (Sekolah Berkarakter Sehat, Aman, Rapi, dan Bersih) di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Yosowilangun Kabupaten Lumajang

Ihzani, Rahma Nurin (2023) Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Program Sekarsari (Sekolah Berkarakter Sehat, Aman, Rapi, dan Bersih) di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Yosowilangun Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam berupaya membentuk siswa memiliki akhlak yang mulia dalam segala aspek kehidupan, termasuk mengenai hubungan terhadap sesama makhluk hidup yang pada penelitian ini dikerucutkan pada pembahasan peduli terhadap lingkungan. Sehingga, pendidikan karakter berupa peduli lingkungan yang didasarkan pada iman dan takwa pada Allah Swt., merupakan salah satu tujuan dari Pendidikan Agama Islam di sekolah. Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang, membentuk program yang didasarkan agar sekolah memiliki semangat dan nilai kepedulian untuk mewujudkan sekolah yang sehat, aman rapi, dan bersih, program ini dikenal sebagai Program Sekarsari (Sekolah Berkarakter Sehat, Aman, Rapi, dan Bersih). Salah satu sekolah yang mulai melaksanakan program ini ialah SMP Negeri 1 Yosowilangun. Program ini telah berjalan sejak Oktober 2022.
Adapun fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana ˶implementasi Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter siswa˵ melalui Program Sekarsari (Sekolah Berkarakter, Sehat, Aman, Rapi, dan Bersih) di SMP Negeri 1 Yosowilangun Kabupaten Lumajang? 2) Apa faktor yang mempengaruhi implementasi Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter siswa˵ melalui Program Sekarsari (Sekolah Berkarakter, Sehat, Aman, Rapi, dan Bersih) di SMP Negeri 1 Yosowilangun Kabupaten Lumajang?
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang dipilih ialah analisis data model Miles, Huberman, dan Saldana yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi data. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber data dan triangulasi teknik data.
Adapun hasil penelitian ini ialah: 1) implementasi Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter siswa melalui Program Sekarsari di SMP Negeri 1 Yosowilangun dilaksanakan melalui dua kegiatan, yaitu kegiatan pembelajaran dengan menerapkan metode ceramah, tanya jawab, dan pemberian tugas. Kedua ialah kegiatan pembiasaan yang dilakukan di dalam dan luar kelas. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter siswa melalui Program Sekarsari, antara lain: a) faktor pendorong, yaitu didorong oleh komitmen Pendidikan Agama Islam dalam mengajarkan kebersihan dan kesucian diri, faktor kepedulian guru, faktor poster dan slogan, dan faktor orang tua. b) faktor penghambat, yaitu didasarkan pada kurangnya kesadaran dan kekompakan siswa dalam menjaga kebersihan dan faktor program yang masih fokus pada kelengkapan administrasi dan pendanaan.
Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Karakter Siswa, Program Sekarsari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Rahma Nurin Ihzani
Date Deposited: 08 Nov 2023 07:53
Last Modified: 08 Nov 2023 07:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29272

Actions (login required)

View Item View Item