PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 2 ARJASA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Hermawan, Lucky (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 2 ARJASA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi lucky T20199002.pdf

Download (47MB)

Abstract

Lucky Hermawan, 2023: Pengembangan Media Pembelajaran Iflipbook untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Arjasa Tahun Pelajaran 2022/2023

Kata Kunci: Pengambangan, Media Pembelajaran Flipbook, Mata Pelajaran IPS

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya inovasi dalam proses pembelajaran, dimana jarang sekali atau tidak menggunakan dan memanfaatkan media pembelajaran sebagai sarana penyampaian materi khususnya pada materi perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semanagat kebangsaan. Penelitian dan pengambangan media pembelajaran flipbook diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran flipbook untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Arjasa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan research and development (R&D) yang menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Model ini terdiri dari sepuluh tahapan, akan tetapi dalam penelitian ini dilakukan penyederhanaan dengan menggunakan delapan tahapan karena keterbatasan nilai dan waktu yang dibutuhkan saat melakukan penelitian. Delapan tahapan tersebut meliputi 1) Potensi dan masalah 2) Pengumpulan data 3) Desain produk 4) Validasi desain 5) Revisi desain 6) Uji coba produk kelas kecil 7) Revisi produk 8) Uji coba pemakaian kelas besar..
Hasil kevalidan dalam media pembelajaran flipbook yang divalidasi oleh tiga ahli yakni, validasi dari ahli bahasa diperoleh persentase sebesar 94,3%, persentase ahli desain media diperoleh sebesar 90% dan persentase yang diperoleh dari ahli materi/isi sebesar 94%. Dari ketiga hasil validasi tersebut diperoleh rata-rata persentase 92% yang menunjukkan pada kategori “sangat valid”. Kriteria kepraktisan diukur dengan menggunakan angket minat belajar pada seluruh siswa diperoleh persentase 87,9% yang menujukkan “sangat praktis” dan hasil lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran I diperoleh 81,7% pada pertemuan pertama, 92,5% pada pertemuan kedua, dan 91,2% pada pertemuan ketiga. Dari hasil uji kepraktisan dengan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran diperoleh rata-rata persentase 88,5% yang menunjukkan pada kategori “sangat praktis”. Serta untuk hasil keefektifan yang diukur dengan pretest dan posttest siswa berdasarkan hasil uji N-gain dalam bentuk persen (%) didapatkan rata-rata sebesar 78,9360 atau 78% termasuk dalam kategori “efektif”. Dengan nilai minimum 57,14% dan maksimal 100%. Dengan demikian penggunaan media pembelajaran flipbook dikatakan efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Arjasa dengan tema perubahan masyarakat pada masa penjajahan dan tumbuhnya semanagat kebangsaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: LH Lucky Hermawan
Date Deposited: 09 Nov 2023 07:47
Last Modified: 09 Nov 2023 07:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29283

Actions (login required)

View Item View Item