Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Pada Kelompok B Di TK Al-Hidayah III Kelurahan Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember

Maghfiroh, Siti Irsiatul (2023) Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Pada Kelompok B Di TK Al-Hidayah III Kelurahan Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI (SITI IRSIATUL-T20195022).pdf

Download (7MB)

Abstract

Siti Irsiatul Maghfiroh, 2023: Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Pada Kelompok B Di TK Al-Hidayah III Kelurahan Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember.
Kata Kunci : Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS)

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada pendidikan anak usia dini merupakan sekelompok perilaku yang dipraktikkan oleh peserta didik dan guru di lingkungan sekolah atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, sehingga secara mandiri dapat mencegah penyakit, meningkatkan kesehatan, serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sekolah yang sehat. Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di TK Al-Hidayah III Kelurahan Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember sudah menerapkan 7 indikator PHBS diantaranya mencuci tangan dengan air mengalir dan menggunakan sabun, mengkonsumsi jajanan sehat di kantin sekolah, menggunakan jamban yang bersih dan sehat, olahraga teratur dan terukur, memberantas jentik nyamuk, menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan setiap 6 bulan sekali, membuang sampah pada tempatnya.
Fokus penelitian adalah Bagaimana implementasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada kelompok B di TK Al-Hidayah III Kelurahan Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember?.
Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan implementasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada kelompok B di TK Al-Hidayah III Kelurahan Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu.
Hasil Penelitian : Implementasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada kelompok B di TK Al-Hidayah III Kelurahan Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember dan meliputi 1) Mencuci tangan dengan air mengalir dan menggunakan sabun diterapkan dengan metode pembiasaan setelah pembelajaran, sebelum makan minum dan setelah makan minum serta metode menyanyi, 2) Membawa makanan dari rumah atau membeli makanan yang disediakan di kantin sekolah, 3) Pembiasaan membersihkan kamar mandi setelah BAB/BAK, 4) Olahraga senam yang dilaksanakan setiap hari sebelum pembelajaran dimulai, 5) Guru melalui metode bercerita memaparkan siklus hidup (daur hidup) nyamuk dan bagaimana memberantasnya, 6) Menimbang berat badan dan pengukuran tinggi badan setiap 6 bulan sekali yang dilakukan oleh guru, 7) Membiasakan murid-murid untuk membuang sampah pada tempatnya yang sudah disediakan di dalam kelas maupun di luar kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Siti Irsiatul Maghfiroh
Date Deposited: 13 Nov 2023 01:22
Last Modified: 13 Nov 2023 01:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29286

Actions (login required)

View Item View Item