Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together (LT) Terhadap Hasil Belajar IPS di MTs Kholid Bin Walid Dukuh Mencek Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Wijaya, Anton (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together (LT) Terhadap Hasil Belajar IPS di MTs Kholid Bin Walid Dukuh Mencek Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Skripsi anton fiks.pdf

Download (32MB)

Abstract

Berdasarkan latar belakang penelitian yang ditemukan di MTs Kholid Bin Walid, terdapat penerapan model konvensional yang masih didominasi dengan ceramah dapat membuat siswa menjadi pasif. Siswa juga tidak terlatih dalam kerja kelompok sehingga interaksi sosial siswa dalam pembelajaran tidak berjalan dengan baik. Interaksi yang tidak baik dapat mempengaruhi hasil belajar rendah karena selama proses pembelajaran membutuhkan komunikasi dan interaksi sosial yang baik antar siswa maupun guru. Hasil belajar diperoleh dari nilai ulangan harian dengan nilai rata-rata siswa kelas VII A yaitu 66,14 dan kelas VII B sebesar 64,55. Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi guna meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together yang merupakan suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa yang bekerja dalam kelompok-kelompok beranggota 4 atau 5 orang yang heterogen menangani tugas tertentu. Model Learning Together ini sesuai dengan karakteristik siswa kelas VII dikarenakan model tersebut lebih terstruktur, menarik dan interaktif.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together (LT) terhadap hasil belajar IPS di MTs Kholid Bin Walid Dukuh Mencek Sukorambi Jember tahun pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimen, desain penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah non equavalent control group design, yaitu desain penelitian yang menggunakan pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, dokumentasi, observasi dan wawancara. Uji instrumen menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji tingkat kesukaran dan daya beda. Setelah itu, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas sebelum dianalisis data karena berkaitan dengan teknik yang digunakan adalah uji hipotesis dengan menggunakan Idependent Sample T-test.
Hasil analisis data dalam penelitian menggunakan Idependent Sample T-test diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,002 nilai tersebut menunjukkan bahwa nilai Sig (2-tailed) < 0,05 sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Artinya terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together terhadap hasil belajar IPS di MTs Kholid Bin Walid Dukuh Mencek Sukorambi Jember tahun pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: an Anton Wijaya
Date Deposited: 13 Nov 2023 06:05
Last Modified: 13 Nov 2023 06:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29290

Actions (login required)

View Item View Item