Korelasi Kecerdasan Spiritual Dengan Kenakalan Siswa Di SDN Ambulu 01 Desa Ambulu Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.

Berlian, Cici Betaria (2017) Korelasi Kecerdasan Spiritual Dengan Kenakalan Siswa Di SDN Ambulu 01 Desa Ambulu Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
CICI BETARIA BERLIAN_084 101 191.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kecerdasan Spiritual adalah kecerdasan yang berpusat pada rasa cinta yang mendalam kepada Allah SWT dan seluruh ciptaanya. Kecerdasan spiritual memberikan banyak kesempatan kepada manusia untuk berbuat, hanya saja kebebasannya harus disertai dengan rasa cinta yang melahirkan rasa tanggung jawab denga menempatkan rasa cinta kepada Allah SWT sebagai kebenaran yang tinggi. Hal inilah sebagai alasan bahwa siswa yang memiliki kecerdasan spiritual yang tinggi akan menjadi terkontrol kenakalannya sehingga siswa mampu mengontrol diri di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Faktanya di Sekolah Dasar Negeri Ambulu 01 masih ada beberapa yang kecerdasan spiritualnya rendah, namun kenakalannya masih dikatakan normal. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1)Bagaimanagambaran kecerdasan spiritual di SDN Ambulu 01 Desa Ambulu Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?.2) Bagaimana gambaran Kenakalan Siswa di SDN Ambulu 01 Desa Ambulu Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?.3)Apakah ada korelasi kecerdasan Spiritual Dengan Kenakalan Siswa di SDN Ambulu 01 Desa Ambulu Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?. Pendekatan dan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis field research. Populasi sebanyak 294 siswa dan responden sebanyak 170 siswa, untuk pengambilan sampel menggunakan stratified propotional random sampling. Pengumpulan data pada penelititan ini yaitu observasi, angket, wawancara dan dokumentasi serta kepustakaan. Selanjutnya untuk menganalisis data yang diperoleh, peneliti menggunakan dua analisis analisis deskriptif dengan mencari prosentase masing-masing kategori dan digambarkan dalam diagram lingkaran dan analisis korelasional dengan menggunakan Product Moment. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Kecerdasan Spiritual pada kategori tinggi 20 siswa dengan prosentase 12%, kategori sedang 115 siswa dengan prosentase 68%, dan kategori rendah 34 siswa dengan prosentase 20%. 2) Kenakalan siswa pada kategori tinggi 14 siswa dengan prosentase 8%, kategori sedang 130 siswa dengan prosentase 78%. Dan pada kategori 25 siswa dengan prosentase 15%. 3) Ada korelasi yang sangat rendah antara kecerdasan spiritual dengan kenakalan siswa di SDN Ambulu 01 Tahun Pelajaran 2016/2017yaitu -0,09.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 09 Nov 2023 07:31
Last Modified: 09 Nov 2023 07:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29294

Actions (login required)

View Item View Item