Penentuan tarif jasa servis perspektif activity based costing pada bengkel motor sufan desa Sukowono kabupaten jember

Afifah, Ela nur (2023) Penentuan tarif jasa servis perspektif activity based costing pada bengkel motor sufan desa Sukowono kabupaten jember. Undergraduate thesis, UIN khas jember.

[img] Text
SKRIPSI ELA NUR AFIFAH WM.pdf

Download (4MB)

Abstract

Activity Based Costing (ABC) merupakan suatu metode akuntansi yang dapat digunakan untuk mencari total biaya aktivitas yang diperlukan untuk menbuat suatu produk. Metode Activity Based Costing menyajikan biaya produk yang lebih akurat dan informatif, mengarahkan pada pengukuran profatibilitas produk yang lebih akurat dan keputusan strategis yang diinformasikan dengan lebih baik tentang penetapan harga, produk, dan segmen pasar.
Dalam penelitian ini mengambil fokus penelitian: 1. Bagaimana penentuan tarif jasa servis pada bengkel motor sufan? 2. Bagaimana Penentuan perhitungan tarif jasa servis bengkel motor sufan dengan metode Activity Based Costing? .
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penentuan hasil dari perhitungan tarif jasa servis yang dilakukan oleh bengkel motor sufan dan juga mengetahui hasil dari perhitungan tarif jasa bengkel motor sufan dengan metode Activity Based Costing.
Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, dan kejadian yang terjadi yang datanya diperoleh dari hasil pengamatan, wawancara, dan dokumen atau pemotretan. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan sebagai berikut: pertama, bahwa penentuan tarif jasa servis yang dilakukan bengkel motor sufan dengan cara menjumlahkan semua biaya tetap dan juga biaya variabel. Biaya tetap pada bengkel motor sufan meliputi biaya konsumsi dan untuk biaya variabel meliputi biaya gaji karyawan, wifi dan juga biaya listrik dan juga bengkel motor sufan melihat dari segmen pasar dan keadaan ekonomi, kedua penentuan tarif jasa servis pada bengkel motor sufan menggunakan metode activity based costing menghasilkan biaya yang lebih kecil dan juga lebih murah untuk setiap tarif harganya juga lebih akurat dibandingkan dengan perhitungan yang dilakukan dengan sistem tradisional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tarif jasa, activity based costing
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150108 Cost Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Afifah Ela Nur
Date Deposited: 09 Nov 2023 08:47
Last Modified: 09 Nov 2023 08:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29297

Actions (login required)

View Item View Item