Penanaman nilai-nilai pendidikan islam dalam tradisi jum'at berkah di pusat perbelanjaan dira shopping centre kecamatan balung kabupaten jember tahun 2023

Ivatul Eka, Damayanti (2023) Penanaman nilai-nilai pendidikan islam dalam tradisi jum'at berkah di pusat perbelanjaan dira shopping centre kecamatan balung kabupaten jember tahun 2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI Ivatul Eka T20191152.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tradisi adalah kebiasaan-kebiasaan yang memiliki nilai-nilai budaya, norma-norma, hukum dan aturan-aturan yang saling berkaitan. Tradisi yang umum dilakukan oleh masyarakat Balung salah satu contohnya yaitu kegiatan Jum`at berkah, dimana tradisi bersedekah pada hari Jum`at ini sudah menjadi kebiasaan masyarakat sekitar. Sudah banyak kita temui kegiatan jum`at berkah yang berlangsung di masjid-masjid sekitar dengan menyediakan nasi bungkus atau minuman untuk jama`ah. Akan tetapi menariknya, peneliti menemukan kegiatan jum`at berkah yang diselenggarakan oleh sebuah pusat perbelanjaan yaitu Dira Shopping Centre Balung, dengan menyediakan 100-150 bungkus nasi untuk para pengunjung dan masyarakat sekitar.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) bagaimana pelaksanaan Jum`at berkah di pusat perbelanjaan Dira shopping center kecamatan Balung kabupaten Jember, 2) bagaimana penanaman nilai-nilai pendidikan Islam dalam tradisi Jum`at berkah di pusat perbelanjaan Dira shopping center kecamatan Balung kabupaten Jember. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pelaksanaan jum`at berkah dan internalisasi nilai-nilai pendidikan islam dalam tradisi jum`at berkah di pusat perbelanjaan Dira Shopping centre Balung.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Lokasi yang digunakan peneliti untuk penelitian adalah di pusat perbelanjaan Dira Shopping Centre Balung. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) pelaksanaan tradisi Jum'at Berkah di Dira Shopping Center adalah bentuk pelestarian warisan budaya dan nilai-nilai sosial dalam ajaran Islam. Tradisi ini bertujuan untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Allah, berbagi kebahagiaan dengan masyarakat sekitar, dan membantu sesama yang membutuhkan. Partisipasi pihak terkait yang menunjukkan komitmen dan dukungan dalam menjalankan tradisi ini, yang memberikan manfaat nyata bagi masyarakat dan memupuk ukhuwah Islamiyah serta nilai-nilai kepedulian sosial, (2) Nilai-nilai pendidikan Islam yang tercermin dalam tradisi Jum'at Berkah di Dira Shopping Center adalah keberagaman nilai-nilai tersebut mencakup syukur,ikhlas dan syafa'at (tolong-menolong). Tradisi ini menjadi sarana edukasi dan pembelajaran nilai-nilai ajaran Islam bagi masyarakat. Melalui pelaksanaan tradisi ini, masyarakat dapat mempraktikkan nilai-nilai kebaikan, keikhlasan, dan kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari serta memperkuat hubungan sosial dan persaudaraan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ivatul Eka Damayanti
Date Deposited: 10 Nov 2023 07:42
Last Modified: 10 Nov 2023 07:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29298

Actions (login required)

View Item View Item