Pengaruh Pengelolaan Keuangan, Transparansi dan Akuntabilitas Terhadap Kinerja Keuangan UMKM di Kecamatan Kota Sumenep

Najati, Shafira (2023) Pengaruh Pengelolaan Keuangan, Transparansi dan Akuntabilitas Terhadap Kinerja Keuangan UMKM di Kecamatan Kota Sumenep. Pengaruh Pengelolaan Keuangan, Transparansi dan Akuntabilitas Terhadap Kinerja Keuangan UMKM di Kecamatan Kota Sumenep. (Unpublished)

[img] Text (Daftar isi)
SYAFIRA FIX - WATERMAK.pdf

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan UMKM di Kecamatan Kota Sumenep yang meningkat seiring dengan peningkatan potensi alam, usaha sandang dan pangan yang semakin berkembang tersebut belum diimbangi oleh meratanya peningkatan kualitas UMKM. Banyak pelaku UMKM di Kecamatan Kota Sumenep, merasa bahwa usaha mereka berjalan normal namun sebenarnya UMKM tersebut tidak mengalami perkembangan. Ketika mereka mendapatkan pertanyaan mengenai laba yang didapatkan setiap periode, mereka tidak bisa menunjukkan dengan nominal angka melainkan dengan asset berwujud seperti tanah, rumah, atau kendaraan.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Apakah pengelolaan keuangan berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan?; 2) Apakah transparansi berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan?; 3) Apakah akuntabilitas berpengaruh signifikan Terhadap Kinerja keuangan?; 4) Apakah pengelolaan keuangan, transparansi dan akuntabilitas berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan?
Tujuan Penelitian ini adalah 1) Untuk mengkaji dan memahami pengaruh signifikan pengelolaan keuangan terhadap kinerja keuangan UMKM Di kecamatan Kota Sumenep; 2) Untuk mengkaji dan memahami pengaruh signifikan transparansi terhadap kinerja keuangan UMKM Di kecamatan Kota Sumenep ; 3) Untuk mengkaji dan memahami pengaruh akuntabilitas signifikan terhadap kinerja keuangan UMKM Di kecamatan Kota Sumenep; 4) Untuk mengkaji dan memahami pengaruh pengelolaan keuangan, transparansi dan akuntabilitas terhadap kinerja keuangan UMKM Di Kecamatan Kota Sumenep.
Penelitian pada UMKM di Kecamatan Kota Sumenep ini merupakan penelitiaan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif Kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan yakni dengan penyebaran koesioner, observasi, dokumentasi dan kepustakaan. sedangkan analisis data yang digunakan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji hipotesis menggunakan uji koefisien determinasi, uji parsial, dan uji simultan.
Hasil dari penelitian ini memperoleh simpulan bahwa 1) Pengelolaan keuangan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kinerja keuangan; 2) Transparansi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja keuangan; 3) Pada variabel akuntabilitas berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja keuangan; 4) Pengelolaan keuangan, transparansi, dan akuntanbilitas berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja keuangan.

Item Type: Article
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Digilib Naimi Shafira Najati Moh
Date Deposited: 09 Nov 2023 08:03
Last Modified: 09 Nov 2023 08:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29299

Actions (login required)

View Item View Item