Pelaksanaan Literasi Al-Qur’an dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa di MTs. Mabdaul Ma’arif Jombang Jember

Akbar, Imam Taufiq (2023) Pelaksanaan Literasi Al-Qur’an dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa di MTs. Mabdaul Ma’arif Jombang Jember. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Imam Taufiq Akbar_213206030040.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Akbar, Imam Taufiq, 2023. Pelaksanaan Literasi Al-Qur’an dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa di MTs. Mabdaul Ma’arif Jombang Jember. Proposal Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana UIN KHAS Jember. Pembimbing I: Prof. Dr. H. Suhadi Winoto, M.Pd. Pembimbing II: Dr. H. Khotibul Umam, M.A.

Kata Kunci: Literasi Al-Qur’an, Karakter Disiplin

Globalisasi memiliki pengaruh positif sekaligus dampak negatif. Diantara dampak negatif globalisasi adalah karakter generasi muda kini yang mengalami pergeseran yang mengkhawatirkan, moral bangsa mulai lepas dari norma, etika dan agama. Untuk itu, pendidikan karakter yang diharapkan mampu mengurangi dampak negatif tersebut terus mendapat perhatian yang besar dari pemerintah dan masyarakat. Dalam Permendikbud RI Nomor 20 Tahun 2018 disebutkan bahwa penyelenggaraan Penguatan Pendidikan Karakter dilaksanakan dengan pendekatan berbasis budaya sekolah dilakukan dengan memberi ruang yang luas kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi melalui kegiatan literasi. MTs. Mabdaul Ma’arif merupakan sekolah yang sudah lama menerapkan program kegiatan literasi yang sekaligus menjadi pembiasaan bagi warga sekolah khususnya literasi Al-Qur’an untuk membentuk karakter disiplin siswa dengan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang berkelanjutan.
Fokus penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi literasi Al-Qur’an dalam membentuk karakter disiplin siswa di MTs. Mabdaul Ma’arif Jombang Jember.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi literasi Al-Qur’an dalam membentuk karakter disiplin siswa di MTs. Mabdaul Ma’arif Jombang Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana dengan dengan tiga langkah: kondensasi data (data condensation), menyajikan data (data display), dan menarik kesimpulan atau verifikasi (conclusion drawing/verification). Keabsahan data pada penelitian ini: triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Adapun hasil penelitian ini adalah: a. Perencanaan, meliputi menyusun jadwal pelaksanaan kegiatan literasi, membentuk tim gerakan literasi madrasah, dan menetapkan capaian literasi Al-Qur’an; b. Pelaksanaan, meliputi literasi membaca Al-Qur’an dan literasi menulis dan memahami Al-Qur’an; dan c. Evaluasi, yang meliputi hafalan Surat Al-Waqiah dan Tahlil dan Koreksi bacaan Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. imamtaufiqakbar Imam Taufiq Akbar
Date Deposited: 09 Nov 2023 08:10
Last Modified: 09 Nov 2023 08:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29300

Actions (login required)

View Item View Item