Penggunaan Media Pembelajaran Monopoli Pintar Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPS kelas VII D di MTs Raudlatus Syabab Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Ningsih, Fitria (2023) Penggunaan Media Pembelajaran Monopoli Pintar Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPS kelas VII D di MTs Raudlatus Syabab Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Skripsi Fitria Ningsih T20199072.pdf

Download (69MB)

Abstract

Berdasarkan latar belakang penelitian yang ditemukan di MTs Raudlatus Syabab Sukowono, terdapat proses pembelajaran yang kurang bervariasi yang digunakan oleh guru IPS. Pembelajaran yang sering dilakukan hanya bersifat konfensional tanpa bantuan media yang mengakibatkan peserta didik bosan, jenuh sering mengantuk sehingga minat dan hasil belajar menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar IPS menggunakan media pembelajaran Monopoli Pintar kelas VII D di MTs Raudlatus Syabab Sukowono Jember.
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah apakah penggunaan media pembelajaran monopoli pintar efektif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar IPS kelas VII D di MTs Raudlatus Syabab Sukowono Jember.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan media pembelajaran Monopoli Pintar dalam meningkatkan minat dan hasil belajar IPS kelas VII D di MTs Raudlatus Syabab Sukowono Jember tahun pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Mc. Taggart yang berlangsung dalam 3 siklus. Tempat penelitian ini kelas VII D di MTs Raudlatus Syabab Sukowono Jember.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, observasi dan tes. Instrumen penelitian berupa angke, lembar observasi dan tes hasil belajar.Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus presentase dan N-gain.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran monopoli pintar efektif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar IPS. Hasil penelitian ini pada siklus I hasil observasi aktivitas peserta didik 65% meningkat menjadi 85% pada siklus II dan 95% dalam kategori sangat baik pada siklus III. Hasil perolehan angket minat belajar peserta didik pada siklus I memperoleh nilai rata rata 62%. Pada siklus II meningkat menjadi 68%. Pada siklus III meningkat kembali menjadi 77% dalam kategori tinggi. Hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh nilai N-gain 0,42 dan ketuntasan klasikal 42% pada siklus II meningkat menjadi nilai N-gain 0,51 dan ketuntasan klasikal 65%. Pada siklus III meningkat kembali dengan nilai N-gain 0,71 dan ketuntasan klasikal 86% dalam kategori tinggi. Peningkatan tersebut terjadi karena adanya perbaikan disetiap siklusnya, pada siklus III peserta didik sudah memanfaatkan media monopoli pintar sehingga poses pembelajaran berjalan dengan efektif serta peserta didik sudah aktif dalam proses pembelajara. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran. Monopoli Pintar dapat meningkatkan minat dan hasil belajar IPS kelas VII D di MTs Raudlatus Syabab Sukowono Jember.
Kata Kunci:Media Pembelajaran Monopoli Pintar, Minat, Hasil Belajar, IPS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Fitria Ningsih
Date Deposited: 12 Dec 2023 07:59
Last Modified: 12 Dec 2023 07:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29311

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item