Nilai-Nilai Kearifan Lokal Tradisi Barikan Di Desa Rowotamtu Rambipuji Jember

Arisah, Farhah (2023) Nilai-Nilai Kearifan Lokal Tradisi Barikan Di Desa Rowotamtu Rambipuji Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

This is the latest version of this item.

[img] Text
FARHAH ARISAH T20199077.pdf

Download (27MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui nilai-nilai kearifan lokal tradisi barikan yang hanya berfokus pada nilai religius, nilai sosial dan nilai gotong royong. Tradisi barikan ini merupakan selametan desa sebagai warisan dari para leluhur terdahulu mereka yang dilaksanakan rutin dalam satu bulan sekali pada hari kamis malam jumat manis sebagai penangkal tolak balak/bahaya, serta sebagai wujud penghormatan terhadap para leluhur yang terdahulu.
Pertanyaan yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana nilai religiustradisi barikan di desa rowotamtu rambipuji jember? (2) bagaimana nilai sosial tradisi barikan di desa rowotamtu rambipuji jember? (3) bagaimana nilai gotong royong tradisi barikan di desanrowotamtu rambipuji jember?
Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data pada penelitian ini terdapat dua macam yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis datapada penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman. Data yang diperoleh di lapangan kemudian disusun dengan memilih dan menyederhanakan data. Selanjutnya dilakukan penyajian data dan pembahasan temuan untuk ditarik kesimpulan.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) nilai religius dalam tradisi barikan terlihat dalam pembacaan Khotmil Al-Qur'an dan juga selametan barikan di Musholla Nurul Huda, ketika warga melakukan tawasulan kepada para leluhur dan keselamatan desa, membaca surah yasin, tahlilan, serta membaca doa nur buwat yang ada di dalam kitab mujarrobat ashli. 2) nilai sosial dalam tradisi barikan sangat terlihat dari berlangsungnya tradisi barikan, dimana ketika mengundang para kerabat di lingkungan masyarakat tanpa membedakan serta dalam pelaksanaannya warga laki-laki dan para remaja berkumpul satu sama laindan mengajarkan tentang hidup rukun dan bertetangga dengan baik. 3) nilai gotong royong dalam tradisi barikan ini sangat terlihat dari kerjasama pembuatan nasi tumpeng dirumah Ibu Juwatin. Selain itu, juga dapat dilihat saat tradisi barikan di Musholla Nurul Huda dimana warga bergotong royong mempersiapkan segala macam persiapan tradisi barikan.

Kata kunci : Nilai-Nilai Kearifan Lokal, Tradisi Barikan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Unnamed user with email farhaharisah@gmail.com
Date Deposited: 12 Dec 2023 07:59
Last Modified: 12 Dec 2023 07:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29312

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item