Pengembangan bahan ajar bahasa Indonesia Berbasis cerita bergambar kelas 4 madrasah ibtidaiyah (mi) pakistaji-banyuwangi

Nurul, Aulia Fadlilah and Hartono, Hartono (2023) Pengembangan bahan ajar bahasa Indonesia Berbasis cerita bergambar kelas 4 madrasah ibtidaiyah (mi) pakistaji-banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI NURUL AULIA FADLILAH_T20194095.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan bahan ajar Bahasa Indonesia berbasis cerita bergambar ini dilakukan sebagai respon kebutuhan peserta didik dalam menyediakan bahan ajar baru yang lebih ringkas pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya materi narasi di MI An Najahiyyah Pakistaji Banyuwangi. Bahan ajar yang digunakan sebelum menggunakan bahan ajar Bahasa Indonesia berbasis cerita bergambar yaitu buku elektronik atau buku online yang mengacu terhadap semua materi Bahasa Indonesia. Selain itu, bahan ajar Bahasa Indonesia berbasis cerita bergambar ini juga dapat memudahkan peserta didik dalam mengingat pembelajaran tentang materi narasi serta untuk mendampingi buku pelajaran yang tidak terlepas dari metode pembelajaran PAIKEM (pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan).
Penelitian dan pengembangan bahan ajar Bahasa Indonesia berbasis cerita bergambar ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui proses pengembangan bahan ajar Bahasa Indonesia berbasis cerita bergambar di kelas IV MI An Najahiyyah Pakistaji Kabupaten Banyuwangi, 2) Untuk mengetahui kelayakan dari bahan ajar Bahasa Indonesia berbasis cerita bergambar di kelas IV MI An Najahiyyah Pakistaji Kabupaten Banyuwangi.
Jenis penelitian yang diguakan adalah Research and Development (RnD) dengan menggunakan dua jenis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model ADDIE dengan lima langkah pengembangannya, yaitu: 1) Analisis, 2) Desain, 3) Pengembangan, 4) Implementasi, 5) Evaluasi.
Hasil penelitian dan pengembangan bahan ajar Bahasa Indonesia berbasis cerita bergambar menggunaan metode ADDIE telah memenuhi kriteria uji coba dari beberapa ahli. Spesifikasi produk yang dihasilkan yaitu berupa buku cetak yang berukuran A4, menggunakan kertas art paper dengan ketebalan 120 GSM, dan terdiri dari 33 halaman. Isi dari bahan ajar Bahasa Indonesia berbasis cerita bergambar diantaranya materi narasi, contoh-contoh narasi serta perbedaannya, jenis-jenis narasi, cara membuat teks narasi, lembar diskusi kelompok, soal evaluasi, dan komik tentang “Daerah Tempat Tinggalku”. Hasil uji coba ahli bahan ajar menunjukkan kevalidan sebesar 80%. Hasil uji coba ahli materi menunjunjukkan kevalidan sebesar 92%. Hasil uji coba ahli Bahasa menunjukkan kevalidan sebanyak 96%. Sedangkan uji coba pendidik sebagai ahli pembelajaran menunjukkan kevalidan sebesar 98%. Hasil respon peserta didik terhadap bahan ajar Bahasa Indonesia berbasis cerita bergambar memperoleh presentase nilai rata-rata 95,5%. Dari keseluruhan prosentase uji coba dari para ahli dan respon peserta didik, maka dihitung prosesntase terbesar yaitu 98% dengan kualifikasi sangat valid dan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Depositing User: Nurul Aulia Fadlilah
Date Deposited: 10 Nov 2023 06:56
Last Modified: 10 Nov 2023 06:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29315

Actions (login required)

View Item View Item