Penerapan ISAK No.35 Tentang Laporan Keuangan Organisasi Nirlaba Pada Masjid Baitul Muttaqin Panti Jember

Munip, Ahmad (2023) Penerapan ISAK No.35 Tentang Laporan Keuangan Organisasi Nirlaba Pada Masjid Baitul Muttaqin Panti Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Munip_E20193092.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ahmad Munip, 2023 : Penerapan ISAK No. 35 Tentang Laporan Keuangan Organisasi Nirlaba Pada Masjid Baitul Muttaqin Panti Jember.

Kata Kunci : ISAK No. 35, Laporan Keuangan, Organisasi Nirlaba

ISAK (Interpretasi Standar Akuntansi Syariah) No. 35 merupakan Standar Akuntansi Keuangan yang diterbitkan oleh Dewan Standar Akuntan Ikatan Akuntan Indonesia dan Dewan Standar Akuntan Syariah Ikatan Akuntan Indonesia. Standar ini meyusun aturan-aturan yang mengatur praktik akuntansi untuk entitas nirlaba.
Adapun fokus penelitian dalam penelitian ialah 1) Bagaimana proses penyusunan laporan keuangan pada Masjid baitul Muttaqin Panti Jember? 2) Bagaimana penerapan ISAK No. 35 pada Masjid Baitul Muttaqin Panti Jember?.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui proses penyusunan laporan keuangan pada Masjid Baitul Muttaqin Panti Jember, 2) Untuk mengetahui penerapan ISAK No. 35 pada Masjid Baitul Muttaqin Panti Jember.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode peneilitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam menetukan subyek penelitian peneliti menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti melakukan analisis data dengan menggunakan model analisis data Miles dan Huberman. Selain itu, peneliti juga melakukan pengujian keabsahan data dengan mengadopsi pendekatan triangulasi sumber, yang melibatkan beberapa sumber data yang berbeda, serta pendekatan triangulasi teknik, yang melibatkan penggunaan berbagai metode atau teknik pengumpulan data yang berbeda. Hal ini dilakukan untuk memastikan keabsahan dan kevalidan hasil penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penyusunan laporan keuangan Masjid Baitul Muttaqin masih dilakukan secara sederhana yakni dengan hanya mencatat kas keluar dan kas masuk ketika terjadi transaksi. Sedangkan dalam penerapan ISAK No. 35, Masjid Baitul Muttaqin belum menerapkan ISAK No. 35 pada laporan keuangannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150115 Sharia Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150116 Educational Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ahmad Munip
Date Deposited: 13 Nov 2023 08:13
Last Modified: 13 Nov 2023 08:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29316

Actions (login required)

View Item View Item