Analisis Kontribusi Pajak Bumi Dan Bangunan Pada Pendapatan Desa (Di Desa Padasan, Kecamatan Pujer, Kabupaten Bondowoso)

Romadhan, Moh Iqbal Nurir (2023) Analisis Kontribusi Pajak Bumi Dan Bangunan Pada Pendapatan Desa (Di Desa Padasan, Kecamatan Pujer, Kabupaten Bondowoso). Undergraduate thesis, UIN KH. Achamad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Moh Iqbal Nurir Romadhan-2.pdf

Download (4MB)

Abstract

Moh Iqbal Nurir Romadhan, 2023: Analisis Kontribusi Pajak Bumi Dan Bangunan Pada Pendapatan Desa (Di Desa Padasan, Kecamatan Pujer, Kabupaten Bondowoso)
Kata Kunci : Kontribusi, Pajak Bumi Dan Bangunan, Pendapatan Desa.
Salah satu tanda keberhasilan dalam proses pemungutan pajak di suatu negara adalah ketika masyarakat yang memiliki kewajiban pajak secara tepat waktu dan penuh kesadaran membayar kontribusi mereka. Ini menjadi sangat penting untuk memastikan tersedianya sumber dana bagi negara yang berasal dari kontribusi masyarakat, yang digunakan untuk mendukung pengeluaran negara. Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) adalah jenis pajak yang diberlakukan terhadap kepemilikan dan/atau penggunaan lahan dan bangunan di Indonesia. Penerapan Pajak Bumi dan Bangunan di Indonesia didasarkan pada asumsi bahwa lahan dan bangunan memberikan keuntungan atau peningkatan dalam aspek sosial ekonomi bagi individu atau entitas yang memiliki hak atasnya atau mendapat manfaat dari keduanya.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1.Bagaimana kontribusi PBB terhadap pendapatan Desa Padasan? 2.Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi ketaatan kontribusi PBB di Desa Padasan?.
Tujuan penelitian ini yaitu 1.Untuk menganalisis kontribusi PBB terhadap pendapatan Desa Padasan, 2.Untuk mengetahui faktor faktor yang mempengaruhi ketaatan kontribusi PBB di Desa Padasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pada penentuan informan peneliti memakai teknik purposive, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,observasi, dan dokumentasi
Hasil dari penelitian ini yaitu 1.Kontribusi pajak bumi dan bangunan di desa padasan hanya terealisasi 40-50% setiap tahunnya. Dan Kontribusi pajak bumi dan bangunan di desa padasan hanya menyumbang 1,2% dari pendapatan desa per tahun 2022. 2.faktor yang mempengaruhi ketaaan kontribusi pajak bumi dan bangunan di desa padasan seperti tingkat kesadaran yang rendah, tingkat pengetahuan yang rendah, penghasilan wajib pajak, dan sanksi pajak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150107 Taxation Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: moh iqbal nurir romadhan
Date Deposited: 14 Nov 2023 07:37
Last Modified: 14 Nov 2023 07:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29317

Actions (login required)

View Item View Item