Pengaruh Labelisasi Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Dalam Kemasan Pada Retail Modern Di Kecamatan Silo Kabupaten Jember

Yuli, ana (0025) Pengaruh Labelisasi Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Dalam Kemasan Pada Retail Modern Di Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI YULIANA WATERMARK.pdf

Download (4MB)

Abstract

Yuliana, Mohammad Mirza Pratama, S.ST., M.M. 2023: Pengaruh Labelisasi Halal dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Dalam Kemasan Pada Retail Modern di Kecamatan Silo Kabupaten Jember.
Kata kunci : Labelisasi halal, Harga dan Keputusan pembelian
Labelisasi halal merupakan salah satu faktor yang menjadi pertimbangan pribadi seseorang dalam melakukan pembelian. Mengkonsumsi suatu produk tidak boleh sembarangan, karena tidak mengetahui secara pasti kandungan apa saja yang terdapat dalam makanan. Mengkonsumsi makanan halal merupakan suatu kewajiban bagi konsumen muslim, karena tidak sekedar menuntut produk yang higenis dengan harga yang mudah di jangkau, tetapi terjamin kehalalannya. Namun dengan keterbatasan ilmu, bagi konsumen muslim melihat kehalalan hanya dari kemasan saja. Untuk melindungai konsumen muslim, maka harus ada lembaga yang menjamin bahwa suatu produk berlabel halal atau bersertifikasi halal artinya adanya pengakuan secara legal bahwa produk yang dikeluarkan telah memenuhi ketentuan halal.
Rumusan masalah dalam penelitian ini : (1) Apakah labeliasi halal berpengaruh terhadap keputusan pembelian makanan dalam kemasan pada retail modern di kecamatan silo kabupaten jember? (2) Apakah harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian makanan dalam kemasan pada retail modern di kecamatan silo kabupaten jember? (3) Apakah labelisasi halal dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian makanan dalam kemasan pada retail modern di kecamatan silo kabupaten jember?.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk memberikan secara empiris pengaruh labelisasi halal terhadap keputusan pembelian makanan dalam kemasan pada retail modern di kecamatan kabupaten jember (2) Untuk memberikan bukti empiris pengaruh harga terhadap keputusan pembelian makanan dalam kemasan pada retail modern di kecamatan silo kabupaten jember (3) untuk memberikan bukti empiris pengaruh labelisasi halal dan harga terhadap keputusan pembelian makanan dalam kemasan pada retail modern di kecamatan silo kabupaten jember
Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen retail modern di Kecamatan Silo Kabupaten Jember dengan jumlah yang tidak diketahui secara pasti. Besar sampel ditentukan dengan mengalikan jumlah indikator dikalikan 5 sebesar 65 konsumen. Sampel diambil secara aksidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, kemudian pengolahan data menggunakan program SPSS versi 25.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: (1) Labelisasi Halal berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian. (2) Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. (3) Labelisasi Halal dan Harga berpengaruh secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140301 Cross-Sectional Analysis
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Perpustakaan yuliana
Date Deposited: 13 Nov 2023 07:00
Last Modified: 13 Nov 2023 07:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29326

Actions (login required)

View Item View Item