Pengaruh Kesiapan terhadap Self Confidence dan Keaktifan Belajar Biologi Siswa Kelas X IPA di SMA BIMA Ambulu Jember

Novita, Nora (2023) Pengaruh Kesiapan terhadap Self Confidence dan Keaktifan Belajar Biologi Siswa Kelas X IPA di SMA BIMA Ambulu Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nora Novita_T20198108.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang maksimalnya kesiapan siswa sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas, sehingga tujuan belajarnya juga belum tercapai secara maksimal. Kesiapan merupakan kondisi dimana seseorang siap sedia untuk memberikan respon atau jawaban. Dengan semakin baiknya kesiapan yang dimiliki oleh siswa maka akan menjadikan siswa tersebut lebih percaya diri dan aktif dalam kegiatan pembelajaran di kelas.
Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mendeskripsikan kesiapan siswa kelas X IPA di SMA BIMA Ambulu Jember, 2) Mendeskripsikan self confidence siswa kelas X IPA di SMA BIMA Ambulu Jember, 3) Mendeskripsikan keaktifan belajar biologi siswa kelas X IPA di SMA BIMA Ambulu Jember, 4) Mengetahui pengaruh kesiapan terhadap self confidence siswa kelas X IPA di SMA BIMA Ambulu Jember, 5) Mengetahui pengaruh kesiapan terhadap keaktifan belajar biologi siswa kelas X IPA di SMA BIMA Ambulu Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian assosiatif yang dilakukan di SMA BIMA Ambulu Jember. Populasi meliputi seluruh kelas X IPA yang berjumlah 179 siswa. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin didapat 124 siswa. Tetapi dalam penelitian ini sampel yang digunakan yaitu 143 siswa yang terdiri dari kelas X IPA 1, X IPA 2, X IPA 3, dan X IPA 5 dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas uji coba yang digunakan merupakan selain sampel yaitu kelas X IPA 4. Teknik pengumpulan data menggunakan angket serta analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kesiapan belajar biologi siswa kelas X IPA di SMA BIMA Ambulu Jember dari 143 siswa diperoleh hasil dengan kategori sangat tinggi 14%, kategori tinggi 18%, kategori sedang 63% dan kategori rendah 5%. 2) Self confidence siswa kelas X IPA di SMA BIMA Ambulu Jember dari 143 siswa diperoleh hasil dengan kategori sangat tinggi 9%, kategori tinggi 15%, kategori sedang 72% dan kategori rendah 4%. 3) Keaktifan belajar biologi siswa kelas X IPA di SMA BIMA Ambulu Jember dari 143 siswa diperoleh hasil dengan kategori sangat tinggi 8%, kategori tinggi 22%, kategori sedang 64% dan kategori rendah 6%. 4) Terdapat pengaruh yang signifikan kesiapan terhadap self confidence siswa kelas X IPA di SMA BIMA Ambulu Jember berdasarkan hasil thitung > ttabel (5,412 > 1,65) dengan sig. = 0,000 < 0,05. 5) Terdapat pengaruh yang signifikan kesiapan terhadap keaktifan belajar biologi siswa kelas X IPA di SMA BIMA Ambulu Jember berdasarkan hasil thitung > ttabel (5,320 > 1,65) dengan sig. = 0,000 < 0,05.

Kata Kunci: Kesiapan, Self Confidence dan Keaktifan Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Nora Novita
Date Deposited: 20 Nov 2023 03:07
Last Modified: 20 Nov 2023 03:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29344

Actions (login required)

View Item View Item