Pengembangan Buku Saku Kendali Peserta Didik Dalam Membentuk Karakter Dengan Metode Reward And Punishment Di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri (SDN) Gempol II Pasuruan

Fatah, Muhammad Ghoni Abdillah (2023) Pengembangan Buku Saku Kendali Peserta Didik Dalam Membentuk Karakter Dengan Metode Reward And Punishment Di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri (SDN) Gempol II Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI GHONI SETELAH SIDANG Watermark.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan buku saku kendali peserta didik ini dilakukan sebagai bentuk respon kebutuhan dalam pembentukan karakter peserta didik di SD Negeri Gempol II. penguatan Pendidikan karakter di SD Negeri Gempol II belum berkembang secara maksimal. Produk yang dikembangkan menggunakan pendekatan disiplin kelas dan metode Reward and Punishment. Pengembagan buku saku ini dengan pendekatan dan metode penerapannya dijadikan sebagai media dalam memotivasi peserta didik dan mengontrol jalannya Program penguatan Pendidikan karakter yang ada di lingkungan Lembaga.
Penelitian ini menggunakan rumusan masalah sebagi berikut: (1) Bagaimana desain produk buku saku kendali peserta didik dengan metode Reward And Punishment dalam membentuk karakter peserta didik di kelas VI SDN Gempol II (2) Bagaimana kualitas buku saku kendali peserta didik dengan metode Reward And Punishment dalam membentuk karakter peserta didik di kelas VI SDN Gempol II, (3) Bagaimana respon peserta didik terhadap buku saku kendali peserta didik dengan metode Reward and Punishment dalam membentuk karakter peserta didik di kelas VI SD Negeri gempol II. (4) Bagaimana Efektivitas buku saku kendali peserta didik dengan metode Reward And Punishment dalam membentuk karakter peserta didik di kelas VI SDN Gempol II.
Penelitian ini ditujukan untuk (1) mengetahui desain produk buku saku kendali peserta didik dengan metode Reward And Punishment dalam membentuk karakter peserta didik di kelas VI SDN Gempol II (2) mengetahui kualitas buku saku kendali peserta didik dengan metode Reward And Punishment dalam membentuk karakter peserta didik di kelas VI SDN Gempol II, (3) mengetahui respon peserta didik terhadap buku saku kendali peserta didik dengan metode Reward and Punishment dalam membentuk karakter peserta didik di kelas VI SD Negeri gempol II. (4) mengetahui efektivitas buku saku kendali peserta didik dengan metode Reward And Punishment dalam membentuk karakter peserta didik di kelas VI SDN Gempol II.
Penelitian Pengembangan ini menggunakan model penelitian dan Pengembangan ADDIE yang terdiri dari: analisis, desain, Pengembangan, implementasi dan evaluasi. Dengan Subyek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VI SD Negri Gempol II dengan jumlah 28 peserta didik. Adapun Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian pengembangan ini adalah pedoman wawancara, pedoman observasi, dan angket.
Hasil dari penelitian pengembangan ini membutktikan bahwa produk berupa buku saku kendali peserta didik dengan metode reward and punishmet dinilai sanggat baik untuk diterapkan di SD Negeri Gempol II dengan rata-rata skor 3,76. Hasil validasi dari ahli materi mendapat skor 3,60 dengan kategori sangat baik, validasi ahli medi medapat skor 3,80 dengan kategori sangat baik, pendidik kelas mendapat skor 3,90 dengan kategori sangat baik, dan respon peserta didik mendapat skor 3,74 dengan kategori sangat baik, dan pengaruh produk dalam membentuk karakter dengan menujukkan skor N-Gain 0,42 dengan kategori perubahan sedang.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa buku saku kendali peserta didik dengan metode reward and punishment dinilai sangat baik secara desain dan kualitas dan sedang secara efektivitas dalam membentuk karakter peserta didik kelas VI SD Negeri Gempol II.
Kata Kunci : Pengembangan, Buku Saku Kendali Peserta didik, Membentuk karakter, Reward and Punishment.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mr GHONI FATAH
Date Deposited: 13 Nov 2023 07:10
Last Modified: 13 Nov 2023 07:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29345

Actions (login required)

View Item View Item