Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Proses Jual Beli di Pasar Tradisional Badung Denpasar Bali.

Sari, Ayuma Novela (2023) Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Proses Jual Beli di Pasar Tradisional Badung Denpasar Bali. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI AYUMA.pdf

Download (24MB)

Abstract

Ayuma Novela Sari, Roni Subhan: Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam
Proses Jual Beli di Pasar Tradisional Badung Denpasar Bali.
Kata Kunci : Etika Bisnis Islam, Jual Beli, Pasar Tradisional.
Pasar sangat membantu kehidupan manusia karena di sana semua orang
dapat mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan para pedagang bersaing untuk
menjual barang terbaik yang bervariasi. Perdagangan dan bisnis biasanya terbatas
pada komunitas tertentu. Pada awalnya, bentuk pertukaran yang menghasilkan
barang dan atau jasa disebut barter. Namun, secara bertahap, istilah ini berubah
karena pertukaran barang alternatif memerlukan uang sebagai alat tukar.
Fokus masalah pada penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana implementasi etika
bisnis Islam dalam proses jual beli di pasar tradisional Badung Denpasar Bali? 2)
Apa kelebihan, kekurangan, dan tantangan dalam penerapan etika bisnis Islam
dalam proses jual beli di pasar tradisional Badung Denpasar Bali?.
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui bagaimana implementasi
etika bisnis Islam dalam proses jual beli di pasar Badung Denpasar Bali. 2) Untuk
mengetahui kelebihan, kekurangan, dan tantangan dalam penerapan etika bisnis
Islam dalam proses jual beli di pasar tradisional Badung Denpasar Bali.
Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan
jenis penelitian lapangan (field research) dan subjek penelitian menggunakan
teknik purposive, kemudian teknik pengumpulan data mengguunakan wawancara,
observasi, dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan deskriptif
kualitatif, dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data.
Penelitian ini memperoleh hasil dan kesimpulan sebagai berikut: 1)
beberapa pedagang muslim di pasar Badung telah menerapkan etika bisnis Islam.
Akan tetapi ada juga sebagian para pedgang muslim yang tidak menerapkan etika
bisnis tersebut dengan keterbatasan pengetahuan yang dimiliki. 2) Keunggulan
yang dimiliki para pedagang muslim ialah mereka mengetahui dan sadar akan
suci, najis, dan haram terhadap barang dagangan yang mereka jual. Akan tetapi
kekurangan yang dimiliki para pedagang muslim yaitu kurangnya rasa
kepercayaan yang diberikan kepada para pembeli khususnya pembeli muslim
dikarenakan tata letak pedagang muslim dengan non muslim berdampingan yang
menimbulkan kekhawatiran bagi pembeli muslim. Adapun tantangan tersendiri
bagi pihak pasar Badung bahwa mereka seharusnya memberikan pendampingan
kepada para pedagang muslim terhadap situasi pasar yang bercampur dengan
pedagang non muslim atau dengan barang dagangan yang non halal dengan cara
mengadakan FGD atau sosialisasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Ayuma Novela Sari
Date Deposited: 13 Nov 2023 01:52
Last Modified: 13 Nov 2023 01:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29346

Actions (login required)

View Item View Item