“Supervisi Akademik Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Kompetensi Profesional Guru Di Madrasah Aliyah Sunan Kalijaga Kecamatan Sukorambi Tahun Pelajaran 2018/2019 ”

Nurhayati, Evi (2020) “Supervisi Akademik Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Kompetensi Profesional Guru Di Madrasah Aliyah Sunan Kalijaga Kecamatan Sukorambi Tahun Pelajaran 2018/2019 ”. Masters thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
EVI NURHAYATI_0849117010.pdf

Download (5MB)

Abstract

Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan sangat ditentukan oleh kemampuan kepala madrasah dalam mengelola semua sumber daya yang ada di sekolah. Kepala madrasah merupakan salah satu komponen pendidikan yang paling berperan dalam mengembangkan kualitas pendidikan. Fokus penelitian ini membahas 1) Bagaimana supervisi akademik kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi profesional guru bidang pengembangan materi pembelajaran ?, 2) Bagaimana supervisi akademik kepala madrasah mengembangkan kompetensi profesional guru di bidang pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK) ?, dan 3) Bagaimana supervisi akademik kepala madrasah mengembangkan kompetensi profesional dalam membimbing guru di bidang penggunaan Media Pembelajaran berbasis Teknologi ? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan supervisi akademik kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi profesional guru bidang pengembangan materi pembelajaran, 2) Mendeskripsikan supervisi akademik kepala madrasah mengembangkan kompetensi profesional guru di bidang pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, dan 3) Mendeskripsikan supervisi akademik kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi profesional guru di bidang penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan model interaktif Miles – Huberman dan Saldana yaitu : kondensasi data (data condensation), menyajikan data (data display), dan menarik simpulan atau verifikasi (conclusion drawing and verification). Uji keabsahan data menggunakan alat uji yakni credibility (Uji Kredibilitas) menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Supervisi akademik kepala madrasah bidang pengembangan materi pembelajaran di MA Sunan Kalijaga diimplementasikan dengan a) Perencanaan, b) Pelaksanaan menggunakan teknik Rapat Guru, c) Tindak Lanjut dengan mengobservasi langsung pengembangan materi. 2) Supervisi akademik kepala madrasah bidang pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK) diimplementasikan dengan a) Merencanakan Laporan PTK, b) Pelaksanaan Bimbingan dengan Teknik Supervisi Diskusi, c) Tindak Lanjut Bimbingan Penulisan Laporan PTK. 3) Supervisi akademik kepala madrasah bidang penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi diimplementasikan dengan a) Perencanaan bimbingan penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi, b) Proses pelaksanaan bimbingan menggunakan teknik demonstrasi, c) Tindak lanjut bimbingan penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam Kons.Supervisi Pendidikan
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 13 Nov 2023 06:52
Last Modified: 13 Nov 2023 06:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29357

Actions (login required)

View Item View Item