MANAJEMEN MUTU BERBASIS MADRASAH DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL WAFA DEMUNG BESUKI SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2019/2020

TSABIT, MOH (2020) MANAJEMEN MUTU BERBASIS MADRASAH DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL WAFA DEMUNG BESUKI SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
MOH. TSABIT_0849117026.pdf

Download (18MB)

Abstract

Kata Kunci : Manajemen Berbasis Madrasah, Mutu Pendidikan. Pendidikan merupakan kebutuhan hidup manusia yang mutlak harus dipenuhi, untuk mencapai kesejahteraan, dan kebahagiaan dunia dan akhirat. Yaitu harus dengan ilmu atau juga disebut orang yang berpendidikan. Melalui pendidikan yang bermutu, suatu bangsa dapat lebih maju serta sejajar dengan bangsa lain dalam segala bidang. Akan tetapi sebaliknya, jika pendidikan suatu bangsa tidak bermutu maka bangsa itu akan terbelakang di segala bidang. Manajemen mutu berbasis madrasah ialah merupakan proses manajemen madrasah yang di arahkan pada mutu pendidikan, secara otonomi yang di rencanakan, di organisasikan, di laksanakan, dan di evaluasi melibatkan semua stakeholder sekolah sesuai dengan konsep tersebut. Manajemen mutu berbasis madrasah sebenarnya pada dasarnya merupakan pemberian dan penyerahan kewenangan maupun otonomi kepada madrasah atau sekolah untuk secara aktif atau mandidri melakukan dan mengembngkan berbagai pogram mutu pendidikan sesuai dengan kebutuhan sekolah atau masyarakat di sekitarnya. MTs. Nurul Wafa juga merupakan salah satu madrasah dengan berbagai pembaharuan yang oleh masyarakat memiliki komitmen pada mutu pendidikan peserta didik yang menjanjikan dan kebaharuan dibandingkan pendidikan lain. Sehingga sangat menarik untuk diadakan penelitian dengan judul Manajemen Mutu Berbasis Madrasah Di Madrasah Tsanawiyah Nurul Wafa Demung Besuki Situbondo Tahun Pelajaran 2019/2020. Fokus Penelitian dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana Perencanaan mutu berbasis Madrasah di Madrasah Tsanawiyah Nurul Wafa Demung Besuki Situbondo Tahun Pelajaran 2019/2020? (2) Bagaimana pelaksanaan mutu berbasis Madrasah di Madrasah Tsanawiyah Nurul Wafa Demung Besuki Situbondo Tahun Pelajaran 2019/2020? (3) Bagaimana evaluasi mutu berbasis Madrasah di Madrasah Tsanawiyah Nurul Wafa Demung Besuki Situbondo Tahun Pelajaran 2019/2020? Jenis penelitian ini menggunakan study kasus dengan Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menggunakan pendekatan naturalistik (bersifat alami) untuk mencari dan menemukan pengertian atau pemahaman tentang fenomena dalam suatu latar yang khusus. Menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, mendisplay data, dan melakukan penarikan kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan Perencanaan mutu berbasis Madrasah yang dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Nurul Wafa Demung Besuki Situbondo adalah adanya perencanaan mutu berbasis Madrasah, Melengkapi Sarana dan Prasarana, Membuat Dokumen Kurikulum Madrasah. Pelaksanaan mutu berbasis Madrasah, Pelaksanaan manajemen mutu dengan beberapa tahapan yaitu tahap persiapan, Tahap implementasi yang meliputi pengumpulan informasi, pengelohan informasi, penyusunan laporan, dan rekomendasi, evaluasi dan penyampaian laporan serta rekomendasi, terakhir adanya tahap tindak lanjut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 13 Nov 2023 06:52
Last Modified: 13 Nov 2023 06:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29363

Actions (login required)

View Item View Item