Ritual Tari Seblang Olehsari Banyuwangi Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Pertama Berbasis Etnopedagogi

Istiqomah, Putri Yuli (2023) Ritual Tari Seblang Olehsari Banyuwangi Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Pertama Berbasis Etnopedagogi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripzzi ptryy@ (1).pdf

Download (20MB)

Abstract

ABSTRAK

Putri Yuli Istiqomah, 2023 : Ritual Tari Seblang Olehsari Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Pertama Berbasis Etnopedagogi.

Kata Kunci : Ritual tari seblang olehsari, sumber belajar, etnopedagogi

Ritual Tari Seblang Olehsari merupakan tradisi budaya adat yang hidup dalam lingkungan masyarakat sebagai tradisi yang masih dilestarikan serta dijaga kelestariannya. Dalam era zaman modern seperti sekarang ini tradisi budaya adat yang ada terkadang semakin kedepan berpotensi tidak lagi menjadi daya tarik dimata mashyarakat sekitar. Terutama dalam tradisi adat Ritual Tari Seblang Olehsari ini yang senatiasa hidup dilingkungan desa Olehsari, sebagai kepercayaan masyarakat desa tradisi ini untuk bersih desa serta ungkapan rasa syukur atas hasil bumi yang diperoleh.
Fokus dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana muatan materi etnopedagogi yang terkandung dalam ritual tari Seblang Olehsari Banyuwangi?, dan (2) Bagaimana implementasi etnopedagogi dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama?
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan muatan materi etnopedagogi yang terkandung dalam ritual tari Seblang Olehsari Banyuwangi, dan (2) untuk mendeskripsikan implementasi etnopenagogi ritual tari Seblang Olehsari dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menegah Pertama.
Dalam metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Kemudian jenis penelitian ini menggunkaan penelitian Etnografi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis model Milles, Huberman dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dalam penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa, (1) muatan materi etnopedagogi dalam ritual tari Seblang Olehsari meliputi: (a) Kepercayaan dan Keyakinan. (b) Sejarah. (c) Kekeluargaan. (d) Karakteristik Tari seblang Olehsari. (e) Toleransi Masyarakat. (2) implemetasi etnopedagogi ritual tari Seblang Olehsari Banyuwangi dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama. (a) Seumber belajar melalui anggota selaku pelaku tradisi adat ritual tari Seblang Olehsari yang bekerjasama menstransformasikan tradisi tersebut kepada peserta didik, sehingga dapat mengenal lebih dalam baik setiap sejarah ritual tari Seblang Olehsari serta keyakinan dalam melestarikan tradisi budaya tersebut. Dengan materi pembelajaran pengaruh interaksi sosial terhadap kehidupan sosial dan kebangsaan melalui ritual tari Seblang Olehsari Banyuwangi yang berkaitan dengan mapel IPS yakni : 3.2 Menganalisis pengaruh interkasi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Putri Yuli Istiqomah
Date Deposited: 13 Nov 2023 07:04
Last Modified: 13 Nov 2023 07:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29372

Actions (login required)

View Item View Item