PENGEMBANGAN SOAL HIGHER ORDER THINGKING SKILL DENGAN WONDERSHARE QUIZ CREATOR PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA UNTUK SISWA KELAS XI IPA MAN BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Maulana, Dimas (2023) PENGEMBANGAN SOAL HIGHER ORDER THINGKING SKILL DENGAN WONDERSHARE QUIZ CREATOR PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA UNTUK SISWA KELAS XI IPA MAN BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kh Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dimas Maulana_T20198098.pdf

Download (15MB)

Abstract

Dimas Maulana, 2023: Pengembangan Soal Higher Order Thingking Skill dengan Wondershare Quiz Creator pada Materi Sistem Reproduksi Manusia untuk Siswa Kelas XI IPA MAN Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci: Soal HOTS, Wondershare Quiz Creator, dan Sistem Reproduksi Manusia
Soal higher order thingking skill merupakan instrumen evaluasi pembelajaran yang melatih kemampuan kognitif peserta didik pada tingkatan yang lebih tinggi. Berdasarkan hasil wawancara dengan Ibu Tutuk selaku guru biologi kelas XI IPA MAN Bondowoso, menyatakan bahwa masalah utama dalam pembelajaran biologi ialah kurang bervariasinya alat evaluasi pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk mengetahui kemampuan peserta didik di dalam kelas, dengan target guru dan sekolah dalam pembelajaran biologi mampu menjawab soal-soal evaluasi tidak sekedar LOTS dan MOTS saja, namun hingga HOTS sebagai penerapan berfikir kritis dan meningkatkan literasi sains peserta didik di sekolah. Oleh karena itu, diperlukan inovasi alat evaluasi pembelajaran yang praktis, efektif, dan efisien bagi peserta didik. Maka dari itu, pengembangan soal higher order thingking skill dengan wondershare quiz creator menjadi pilihan untuk menunjang proses pembelajaran lebih menarik bagi peserta didik.
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) untuk menguji kevalidan soal Higher Order Thingking Skill dengan Wondershare Quiz Creator Pada Materi Sitem Reproduksi Manusia untuk Siswa Kelas XI IPA MAN Bondowoso, 2) untuk mendeskripsikan respon peserta didik terhadap pengembangan soal Higher Order Thingking Skill dengan Wondershare Quiz Creator Pada Materi Sitem Reproduksi Manusia untuk Siswa Kelas XI IPA MAN Bondowoso, 3) untuk mengukur keefektifan soal Higher Order Thingking Skill dengan Wondershare Quiz Creator Pada Materi Sitem Reproduksi Manusia untuk Siswa Kelas XI IPA MAN Bondowoso.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara, soal tes, dan angket. Subjek uji coba adalah peserta didik kelas XI IPA 2 dan 4 MAN Bondowoso.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Soal higher order thingking skill dengan wondershare quiz creator pada materi sistem reproduksi manusia dinyatakan sangat layak digunakan dengan persentase kevalidan oleh ahli media sebesar 96%; ahli materi sebesar 92%; ahli bahasa sebesar 94,44%; ahli evaluasi pembelajaran sebesar 94,70%; dan ahli praktisi sebesar 88,04%. 2) Hasil respons peserta didik terhadap soal higher order thingking skill didapatkan nilai persentase sebesar 86,67% untuk uji skala kecil dan 79,42% untuk uji skala besar, sehingga masuk pada kategori “baik”. 3) Hasil efektivitas menggunakan penilaian ahli soal diperoleh 98,24%, dan penilaian hasil yang sesuai dengan yang diharapkan diperoleh 13,1%. Sehingga soal higher order thingking skill dengan wondershare quiz creator pada materi sistem reproduksi manusia efektif dan baik digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Dimas Mau lana
Date Deposited: 13 Nov 2023 08:11
Last Modified: 13 Nov 2023 08:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29378

Actions (login required)

View Item View Item