PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GAGNON AND COLLAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH KELAS XI IPA DI SMA DIPONEGORO PANTI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Kartika Ayu, Fibriana Putri (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GAGNON AND COLLAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH KELAS XI IPA DI SMA DIPONEGORO PANTI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fibriana Putri Kartika Ayu_T20198137.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fibriana Putri Kartika Ayu, 2023: Pengaruh Model Pembelajaran Gagnon and Collay terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh Kelas XI IPA di SMA Diponegoro Panti Jember Tahun Pelajaran 2022/2023
Kata Kunci : Model Pembelajaran,Gagnon and Collay,Hasil Belajar
Pembelajaran biologi dalam pendidikan formal saat ini membutuhkan keaktifan belajar yang tinggi, selain itu siswa juga harus mampu memecahkan permasalahan secara mandiri. Melalui Gagnon and Collay, Siswa bekerja sama saling ketergantungan positif, bertanggung jawab secara mandiri, siswa memiliki banyak kesempatan untuk mengemukakan pendapat dan mengolah informasi yang didapat dan dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi. Pembelajaran ini memungkinkan siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Dalam hal ini peneliti menghubungkan model pembelajaran Gagnon and Collay terhadap hasil belajar biologi.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Gagnon and Collay pada siswa kelas XI IPA di SMA Diponegoro Panti Jember. (2) Mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Gagnon and Collay terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem imun kelas XI IPA di SMA Diponegoro Panti Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental (Postest-only Control Design). Variabel bebasnya adalah model pembelajaran Gagnon and Collay dan variabel terikatnya adalah hasil belajar biologi. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2 yang berjumlah 53 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, dokumentasi dan observasi,Analisis data pada penelitian ini menggunakan Statistik Deskriptif dan Inferensial (Uji Prasyarat, Normalitas dan Homogenitas).
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1. Dengan menggunakan Model pembelajaran Gagnon and Collay hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Diponegoro Panti Jember lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran Gagnon and Collay 2. Berdasarkan analisis data, diperoleh uji t menunjukkan nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,004 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Gagnon and Collay terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA di SMA Diponegoro Panti Jember. Dengan rata-rata nilai kelas eksperimen 70,38 dan rata-rata nilai kelas kontrol 61,85 .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Fibriana Putri Kartika Ayu
Date Deposited: 13 Nov 2023 08:29
Last Modified: 13 Nov 2023 08:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29379

Actions (login required)

View Item View Item