PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BIOTEKNOLOGI KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 3 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Juwanda, Muhammad (2023) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BIOTEKNOLOGI KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 3 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Seminar Pendidikan Biologi 2.

[img] Text
MUHAMMAD JUWANDA_T20198031.pdf

Download (10MB)

Abstract

Bioteknologi memiliki cakupan materi yang banyak. Pendidik harus berinovasi dalam menciptakan pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan bagi para siswa. Salah satu yang dapat digunakan adalah strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran berdiferensiasi pada materi pembelajaran bioteknologi kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Jember tahun Pelajaran 2022/2023 terhadap keaktifan belajar siswa. 2) Mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran berdiferensiasi pada materi pembelajaran bioteknologi kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Jember tahun Pelajaran 2022/2023 terhadap hasil belajar siswa.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi Experiment dengan bentuk penelitian eksperimen Nonequivalent Group Pretest Posttest Design untuk data hasil belajar dan Nonequivalen group post-test only design untuk data keaktifan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, terpilih kelas X D sebagai kelas kontrol dan X C sebagai kelas ekperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi dan kuesioner (angket). Teknik analisis data menggunakan Uji Z dan Uji Mann Whitney-U.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1). Berdasarkan data angket keaktifan belajar siswa, kelas eksperimen memperoleh skor rata-rata (48,06) sedang dan kelas kontrol memperoleh skor rata-rata (45,47) sedang. Dengan demikian nilai keaktifan belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Terdapat pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap keaktifan belajar siswa materi bioteknologi kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan hasil signifikansi Uji Z sebesar 0,004. 2). Berdasarkan data hasil belajar, kelas eksperimen memperoleh skor rata- rata (89,70) sangat tingi dan kelas kontrol memperoleh skor rata-rata (81,25) sangat tinggi. Dengan demikian rata-rata data hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Terdapat pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar siswa materi bioteknologi kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan hasil signifikansi Uji Mann Whitney U sebesar 0,027.

Item Type: Article
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069902 Global Change Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Juwanda Muhammad
Date Deposited: 16 Nov 2023 04:10
Last Modified: 16 Nov 2023 04:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29381

Actions (login required)

View Item View Item