PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL KELAS V DI SEKOLAH DASAR SWASTA PLUS AL-QODIRI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Adawiyah, Elok Robiatul (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL KELAS V DI SEKOLAH DASAR SWASTA PLUS AL-QODIRI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Elok Robiatul Adawiyah_20194044.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline 3, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS).

Media Pembelajaran Interaktif adalah alat bantu berbasis Media yang dapat menjabarkan pesan atau informasi dari guru ke siswa yang dalam prosesnya terjadi komunikasi aktif dua arah antara media dengan user (peserta didik) yang bertujuan dapat membuat materi pembelajaran yang bersifat abstrak tersebut menjadi lebih konkrit. Dari hasil wawancara dan observasi ditemukan bahwa pendidik masih menyajikan materi secara konvensional dan menggunakan media seadanya dalam menjelaskan materi. Hal ini berimbas pada minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dan pendidik pun kesulitan menjelaskan materi yang bersifat abstrak.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimanakah pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial materi magnet kelas V Sekolah Dasar? 2) Bagaimanakah kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial materi magnet kelas V Sekolah Dasar?
Tujuan penelitian ini adalah (1) Menghasilkan produk pengembangan berupa media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial materi magnet kelas V Sekolah Dasar, (2) Mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial materi magnet kelas V Sekolah Dasar.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD) yang menggunakan dua jenis data yakni data kualitatif dan data kuantitatif. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang mempunyai lima tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan Evaluation
Hasil penelitian dan pengembangan dapat disimpulkan bahwa, Produk yang dihasilkan dari pengembangan media ini adalah media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas V materi magnet di SDS Plus Al-Qodiri Jember. Spesifikasi produk yang dihasilkan berupa web browser, APK, dan HTML. Hasil kelayakan berdasarkan uji validasi yaitu ahli media sebesar 94%. ahli materi sebesar 98%, ahli pembelajaran sebesar 98% dan angket respon peserta didik sebesar 92%. Hasil uji keefektifan pada t-hitung menunjukkan 8.93 dengan hasil perbandingan yakni t-hitung ( 8.93) ≥ t-tabel 1.71 yang menyatakan bahwasanya Ha diterima dan Ho di tolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media yang telah di kembangkan dalam bentuk media pembelajaran interaktif memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VA pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) materi magnet di SDS Plus Al-Qodiri Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Elok Robiatul Adawiyah
Date Deposited: 14 Nov 2023 02:59
Last Modified: 14 Nov 2023 02:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29383

Actions (login required)

View Item View Item