Strategi Mempertahankan Loyalitas Konsumen Usaha Laundry Berlabel Syariah(Studi Kasus Syariah Laundry di Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember)

Wahyuni, Masriatul (2023) Strategi Mempertahankan Loyalitas Konsumen Usaha Laundry Berlabel Syariah(Studi Kasus Syariah Laundry di Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, UIN K.H Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI MASRIATUL WAHYUNI WM.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Masriatul Wahyuni, Dr. Nurul Widyawati, 2023: Stategi Mempertahankan Loyalitas Konsumen Usaha Laundry Berlabel Syariah (Studi Kasus Syariah Laundry di Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember)
Kata Kunci: Strategi, Kendala, Laundry
Persaingan bisnis kian ketat, perusahaan berupaya mempertahankan konsumen lama maupun baru melalui strategi pemasaran berupa kualitas produk (pelayanan), penetapan harga, saluran disrtibusi serta promosi pada jasa yang diberikan. Kebutuhan manusia yang kompleks serta didukung dengan aktivitas manusia yang padat kadang sulit membagi waktu mereka pada pekerjaan yang dianggap sepele sepeti mencuci pakaian. Maka membuka peluang bisnis yang dikenal dengan jasa Laundry, agar lebih dikenal maka usaha akan diberi brand atau label. Perkemabngan label Syariah menjadi trend di masyarakat diberbagai bidang termasung dengan usaha Laundry syariah. Tidak hanya label akan tetapi pada prinsip bisnis dan proses pencuciannya berlandasakan syariah.
Fokus penelitian pada penelitian dalam skripsi ini: 1) Bagaimana strategi usaha Laundry berlabel syariah untuk mempertahankan loyalitas konsumen di Syariah Laundry Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember? 2) Bagaimana kendala penerapan strategi usaha Laundry berlabel syariah untuk mempertahankan loyalitas konsumen di Syariah Laundry Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember?
Tujuan dari penelitian dalam skripsi ini: 1) Untuk mendeskripsikan analisis strategi mempertahankan loyalitas konsumen pada usaha Laundry berlabel syariah di Syariah Laundry di Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember 2) Untuk mendeskripsikan kendala penerapan strategi usaha Laundry berlabel syariah untuk mempertahankan loyalitas konsumen di Syariah Laundry di Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis peneltian deskriptif. Subjek peneltian menngunakan teknik purposive serta pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data deskriptif dengan pengujian kebsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian: 1) Strategi Syariah Laundry mempertahankan loyalitas konsumen dengan kepercayaan dan kualitas pelayanan yaitu memberikan banyak produk (layanan berbagai jenis Laundry yang bisa dipilih), mengatakan dengan jujur apabila terjadi kecatatam, kelunturan, hilang, dan rusak, jasa antar-jemput gratis, pencucian dengan konsep thaharah, menampung keluhan dan saran serta berusaha mencari solusi dengan mengedepankankan sikap sopan santun, ramah sabar, dan bertangung jawab. 2) Kendala penerapan strategi usaha Laundry berlabel syariah untuk mempertahankan loyalitas konsumen yaitu di awal mereka membuka usaha yang kemudian selalu memperbaiki kesalahan dengan kritikan membangun pada pelanggan sehinggan perbaikan tersebut bisa dirasakan secara langsung oleh pelanggan dan juga kurang memaksimalkan media sosial sebagai media promosi yang efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Depositing User: Ms Wahyuni Masriatul
Date Deposited: 14 Nov 2023 03:43
Last Modified: 14 Nov 2023 03:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29386

Actions (login required)

View Item View Item