Optimalisasi Konseling Keluarga Dalam Mengharmonisasikan Peserta Didik Jurusan IPS Dengan Orang Tua Di Sekolah Menengah Atas Nahdlatul Ulama (SMA NU) Genteng

Fatimatuzah'ro, Dewi (2023) Optimalisasi Konseling Keluarga Dalam Mengharmonisasikan Peserta Didik Jurusan IPS Dengan Orang Tua Di Sekolah Menengah Atas Nahdlatul Ulama (SMA NU) Genteng. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DEWI FATIMATUZAH’RO_D20193079.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Dewi Fatimatuzah’ro, 2023: Optimalisasi Konseling Keluarga Dalam Mengharmonisasikan Peserta Didik Jurusan IPS Dengan Orang Tua Di Sekolah Menengah Atas Nahdlatul Ulama (SMA NU) Genteng.
Kata Kunci:Optimalisasi, Konseling Keluarga, Harmonisasi
Optimalisasi sebuah konseling keluarga dalam mengharmoniskan pesrta didik jurusan IPS dengan orang tua di Sekolah Menengah Atas Nahdlatul Ulama(SMA NU) Genteng terletak pada proses konseling keluarga yang dilakukan. Jika salah satu proses konseling keluarga tidak dilakukan maka hasilnya kurang optimal.
Fokus pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana optimalisasi konseling keluarga dalam mengharmonisasikan peserta didik jurusan IPS dengan orang tua di SMA NU Genteng? 2) Bagaimana hasil konseling keluarga dalam mengharmonisasikan peserta didik jurusan IPS dengan orang tua di SMA NU Genteng?
Tujuan dari penelitian ini ialah 1) Untuk mendiskripsikan optimalisasi konseling keluarga dalam mengharmonisasikan peserta didik jurusan IPS dengan orang tua di SMA NU Genteng. 2) Untuk mendeskripsikan hasil konseling keluarga dalam mengharmonisasikan peserta didik jurusan IPS dengan orang tua di SMA NU Genteng.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang mana pendekatan ini memudahkan peneliti untuk mengemukakan fakta-fakta yang terjadi di lapangan. Berasal dari wawancara, catatan lapangan serta dokumen￾dokumen pada saat penelitian. Jenis penelitian deskriptif dengan penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi non partisipan dan partisipan, wawancara semiterstruktur dan dokumentasi. Subyek penelitiannya menggunakan teknik purposive sampling.
Hasil dari penelitian ini ialah Optimalisasi konseling keluarga dalam mengharmonisasikan peserta didik jurusan IPS dengan orang tua di SMA NU Genteng sudah optimal. Hal ini dapat dilihat melalui hasil analisis data wawancara narasumber mengenai proses konseling keluarga yang sudah dilakukan sudah diterapkan dan berjalan sesuai dengan teori yang sudah ada. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data narasumber, hasil konseling keluarga dapat membantu
mengharmonisasikan peserta didik jurusan IPS dengan orang tuanya. Walaupunada satu indikator harmonisasi yang tidak semua keluarga memiliki rancangan untuk melakukan liburan bersama setiap bulannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160702 Counselling, Welfare and Community Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: BKI Dakwah Dewi Fatimatuzah'ro Zah'ro
Date Deposited: 16 Nov 2023 07:04
Last Modified: 16 Nov 2023 07:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29387

Actions (login required)

View Item View Item