PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MANAJER DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI MADRASAH ALIYAH FATHUS SALAFI MANGARAN SITUBONDO

MUBAROK, ACHMAD ARIF (2021) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MANAJER DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI MADRASAH ALIYAH FATHUS SALAFI MANGARAN SITUBONDO. Masters thesis, Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ACHMAD ARIF MUBAROK_0849119006.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci : Peran kepala madrasah, Manajer, Mutu lulusan Mutu lulusan merupakan benih sumber daya manusia yang akan datang. Rendahnya mutu lulusan juga akan menjadi permasalahan tersendiri, utamanya bagi diri siswa dan lembaga tempat ia menimba ilmu. Bahkan masyarakat dan dunia kerja akan menerima mutu lulusan sesuai dengan tinggi rendahnya. Semakin rendah mutu lulusan, maka semakin mencerminkan kualitas dari lembaga pendidikan itu sendiri. Fokus dari penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana Perilaku Kepala Madrasah Sebagai Manajer dalam menyusun Rencana Kepala Madrasah (RKM) untuk meningkatkan Mutu Lulusan di Madrasah Aliyah Fathus Salafi Mangaran Situbondo?, 2) Bagaimana Perilaku Kepala Madrasah Sebagai Manajer dalam Melaksanakan Perencanaan Madrasah untuk meningkatkan Mutu Lulusan di Madrasah Aliyah Fathus Salafi Mangaran Situbondo?, 3) Bagaimana Perilaku Kepala Madrasah Sebagai Manajer dalam mengevaluasi Perencanaan Madrasah untuk meningkatkan Mutu Lulusan di Madrasah Aliyah Fathus Salafi Mangaran Situbondo?. Penelitian ini bertujuan: 1) Mendeskripsikan Perilaku Kepala Madrasah Sebagai Manajer dalam menyusun Rencana Kepala Madrasah (RKM) untuk meningkatkan Mutu Lulusan di Madrasah Aliyah Fathus Salafi Mangaran Situbondo, 2) Mendeskripsikan Perilaku Kepala Madrasah Sebagai Manajer dalam Melaksanakan Perencanaan Madrasah untuk meningkatkan Mutu Lulusan di Madrasah Aliyah Fathus Salafi Mangaran Situbondo, 3) Mendeskripsikan Perilaku Kepala Madrasah Sebagai Manajer dalam mengevaluasi Perencanaan Madrasah untuk meningkatkan Mutu Lulusan di Madrasah Aliyah Fathus Salafi Mangaran Situbondo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Penentuan subyek penelitian dilakukan secara Purposive. Sumber data menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi non partisipasi, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna tersebut itulah, ditarik kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, member check. Temuan dari penelitian ini: 1) Perilaku Kepala Madrasah Sebagai Manajer dalam menyusun Rencana Kepala Madrasah (RKM) untuk meningkatkan Mutu Lulusan yaitu pertama adanya subtansi penyusunan perencanaan,kemudian kedua ada subtansi perencanaan 2) Perilaku Kepala Madrasah Sebagai Manajer dalam Melaksanakan Perencanaan Madrasah untuk meningkatkan Mutu Lulusan yaitu pertama mengaplikasikan perencanaan kegiatan melalui program MGMP 1 bulan 1 kali, kedua melaksanakan seminar bagi guru, ketiga mengikutsertakan siswa pada lomba Kompetensi Siswa Madrasah, keempat melaksanakan program 3T bagi siswa, serta adanya monitoring dari kepala madrasah 3) Perilaku Kepala Madrasah Sebagai Manajer dalam mengevaluasi Perencanaan Madrasah untuk meningkatkan Mutu Lulusan yaitu pertama penentuan standart evaluasi, kedua pelaksanaan evaluasi dan ketiga penentuan penliaian.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam Kons.Supervisi Pendidikan
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 14 Nov 2023 04:03
Last Modified: 14 Nov 2023 04:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29388

Actions (login required)

View Item View Item