EFEK NEGATIF BERMAIN GAME ONLINE “FREE FIRE BATTLEGROUNDS” TERHADAP AKHLAK REMAJA DI DESA AMBULU KABUPATEN JEMBER

HAQIQI, AKHMAD NUR (2020) EFEK NEGATIF BERMAIN GAME ONLINE “FREE FIRE BATTLEGROUNDS” TERHADAP AKHLAK REMAJA DI DESA AMBULU KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
AKHMAD NUR HAQIQI_084131381.pdf

Download (9MB)

Abstract

Kata Kunci : Efek Negatif, Free Fire Battlegrounds, Akhlak remaja Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peralihan kehidupan masyarakat nyata yaitu dengan berkembangnya Game Online yang awalnya ada di Personal Computer (PC) beralih ke Gadget (HP Android) . Salah satu game online yang mudah di download di HP Android dengan Spesifikasi yang rendah yaitu game Free Fire Battlegrounds. Di Desa Ambulu yaitu di daerah belakang Puskesmas Ambulu, telah terjadi fenomena banyak remaja yang sering berkumpul yang bermain game Free Fire Battlegrounds yang tertawa sendiri dan berinteraksi dengan teman digame dengan gaya berbicara yang terlalu kotor terkadang sampai pembahasan yang terlalu dewasa. Fokus Penelitian: 1) Bagaimana efek adiktif bermain game online Free Fire Battlegrounds pada Akhlak Remaja di Desa Ambulu?; 2) Bagaimana efek adiktif bermain game online Free Fire Battlegrounds Terhadap Interaksi Sosial Remaja di Desa Ambulu? dan 3) Bagaimana efek adiktif bermain game online Free Fire Battlegrounds pada Kegiatan Belajar Remaja di Desa Ambulu? Tujuan Penelitian ini untuk: 1) Mendeskripsikan efek adiktif bermain game online Free Fire Battlegrounds pada Akhlak Remaja di Desa Ambulu?; 2) Mendeskripsikan efek adiktif bermain game online Free Fire Battlegrounds terhadap Interaksi Sosial Remaja di Desa Ambulu?; dan 3) Mendeskripsikan efek adiktif bermain game online Free Fire Battlegrounds pada Kegiatan Belajar Remaja di Desa Ambulu. Metode dalam penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus (Case Study). Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, dokumentasi dan wawancara. Adapun analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif model interaktif Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi, penyajian data dan penarikan kesimpulan, sedangkan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil Penelitian ini adalah 1) Efek adiktif bermain game online Free Fire Battlegrounds pada Akhlak Remaja di Desa Ambulu yaitu m enggunakan uang hanya untuk bermain game, Melalaikan waktu beribadah, Kurangnya pergaulan dalam lingkungan, Pikiran akan selalu terarah pada game dan berakibat berkurangnya konsentrasi untuk belajar, Emosi tidak stabil.; 2) Efek adiktif bermain game online Free Fire Battlegrounds terhadap Interaksi Sosial Remaja di Desa Ambulu yaitu interaksi sosial yang buruk terhadap keluarga, lingkungan dan teman sebaya karena karakter yang tidak terkontrol, bebas menjadi karakter dia ketika bermain game terbawa ke dunia nyata.; dan 3) Efek adiktif bermain game online Free Fire Battlegrounds pada Kegiatan Belajar Remaja di Desa Ambulu yaitu Prestasi yang jelek dikarenakan Remaja memilih bermain game sampai lama daripada belajar dan mengulang pelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 14 Nov 2023 04:03
Last Modified: 14 Nov 2023 04:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29389

Actions (login required)

View Item View Item