Pengaruh Gaya Hidup, Citra Merk, Harga, dan Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Membeli Produk Jilbab Zoya oleh Mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Jember.

MAZIDAH, HIKMATUL (2019) Pengaruh Gaya Hidup, Citra Merk, Harga, dan Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Membeli Produk Jilbab Zoya oleh Mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Jember. Masters thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
HIKMATUL MAZIDAH_0839216023.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci : Gaya Hidup, Citra Merk, Harga, Kelompok Acuan, Keputusan Membeli. Fasion merupakan suatu bagian dari kehidupan sehari-hari yang tidak dapat dipisahkan dalam aspek penampilan. Jilbab merupakan salah satu produk fasion, sehingga, desain, bahan, dan warnanyapun menjadi semakin variatif dan menjadi salah satu bahan pertimbangan konsumen ketika membeli jilbab. Masyarakat Jember merupakan masyarakat yang turut mengikuti perkembangan fasion, khususnya kalangan mahasiswa. Keseharian mahasiswa dipengaruhi beberapa hal, seperti kegiatan sehari-hari yang membutuhkan jilbab. Jilbab yang pas sangat penting bagi mahasiswa yang membutuhkan jilbab yang nyaman untuk memenuhi kebutuhan serta meningkatkan penampilan mereka. Zoya mencitrakan dirinya sebagai merk jilbab yang berkwalitas, bergaya hidup dan harga yang ramah dikantong mahasiswa sehingga cocok untuk kalangan mahasiswa dizaman modern yang lebih memikirkan trend dan fasion dalam penampilan. Penelitian ini bertujuan menguji secara empiris variabel-variabel dalam penelitian yang telah dirumuskan dalam rumusan masalah yaitu apakah terdapat pengaruh Gaya Hidup (X1), Citra Merk (X2), Harga (X3), dan Kelompok Acuan (X4) terhadap keputusan membeli produk Jilbab Zoya oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Islam IAIN Jember secara simulutan dan parsial. Metode ini adalah kuantitatif dengan pendekatan confirmatory research dengan sampel 105 responden. Sedangkan pengambilan sampling menggunakan v Accidental Sampling. Variabel bebasnya tediri dari Gaya Hidup (X1), Citra Merk (X2), Harga (X3), dan Kelompok Acuan (X4) dan variabel terikatnya Keputusan Membeli (Y). pengujian instrumen menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Sedangkan metode analisis data menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda. Uji hipotesis dilakukan dengan bantuan softwere Statistical Package for the (SPSS) versi 21. Hasil menunjukkan bahwa pengaruh Gaya hidup terhadap keputusan membeli signifikan, dengan analisis Regresi Linier Berganda pengaruh langsung sebesar 0,002. Pengaruh citra merk terhadap keputusan membeli signifikan, dengan analisis Regresi Linier Berganda pengaruh langsung sebesar 0,049. Pengaruh harga terhadap keputusan membeli signifikan, dengan analisis Regresi Linier Berganda pengaruh langsung sebesar 0,003. Pengaruh kelompok acuan terhadap keputusan membeli signifikan, dengan analisis Regresi Linier Berganda berpengaruh langsung sebesar 0,000.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 14 Nov 2023 04:03
Last Modified: 14 Nov 2023 04:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29391

Actions (login required)

View Item View Item